Kamis 29 Desember 2022, 23:42 WIB

Banjir Genangi 234 Rumah Warga di Tiga Kecamatan Jember

mediaindonesia.com | Nusantara
Banjir Genangi 234 Rumah Warga di Tiga Kecamatan Jember

DOK.MI
Ilustrasi

 

BANJIR menggenangi 234 rumah warga di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, menurut data Badan  Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
 
"Hujan deras yang mengguyur Jember menyebabkan sejumlah sungai meluap, sehingga merendam rumah warga di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Patrang, Kaliwates, dan Mumbulsari," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Jember Heru Widagdo saat dihubungi lewat telepon dari Jember, Kamis (29/12).
 
Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada Rabu (28/12) siang hingga malam menyebabkan air Sungai Jompo dan Sungai Semampir meluap dan membanjiri permukiman warga di sekitarnya, termasuk rumah pribadi Bupati Jember Hendy Siswanto di Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.
 
"Hujan lebat mengakibatkan aliran Sungai Jompo tidak dapat menampung debit air, sehingga meluap ke permukiman warga, (menimbulkan genangan) dengan ketinggian sekitar 75 sentimeter (cm) hingga lebih 1 m," kata Heru.

Hujan deras juga mengakibatkan air Sungai Semangir meluap ke permukiman warga di sekitarnya, menimbulkan genangan setinggi 50-80 cm.
 
Sementara itu, di wilayah Kecamatan Mumbulsari drainase tidak dapat menampung peningkatan debit air semasa hujan lebat turun sehingga air meluap ke permukiman warga dan menimbulkan genangan setinggi 10-30 cm.


Baca juga: Warga Kaki Gunung Ile Lewotolok Diminta Waspada Ancaman Lahar

 
Heru menyampaikan, banjir menggenangi 70 rumah warga di Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, serta tujuh rumah warga di Desa/Kecamatan Mumbulsari.
 
Di Kecamatan Kaliwates, dia melanjutkan, banjir melanda Kelurahan Jember Kidul, Sempursari, dan Kepatihan serta berdampak pada 157 rumah warga.
 
"Tidak hanya menggenangi rumah, banjir juga melanda area pemakaman hingga menyebabkan makam di bibir sungai ambrol dan empat jenazah ikut hanyut terbawa banjir," katanya.
 
Menurut dia, banjir menyebabkan Musala Al-Ikhlas di Kelurahan  Sempursari tergenang dan pagar rumah warga jebol di Kelurahan
Kepatihan.
 
Petugas BPBD, TNI, Polri, Taruna Siaga Bencana, dan Palang Merah Indonesia sudah turun membantu warga yang terdampak banjir.
 
"Banjir berangsur angsur surut dan masyarakat mulai membersihkan sisa-sisa material lumpur yang masuk ke rumah secara gotong royong,"
kata Heru.
 
Dia mengimbau warga tetap siaga menghadapi kemungkinan terjadi bencana banjir karena hujan deras diprakirakan mengguyur wilayah Jember
hingga awal 2023. (Ant/OL-16)
 
 

Baca Juga

Antara/Syifa Yulinnas

Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat Kerja Sama Wujudkan Tol Laut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 06:00 WIB
Tol laut sebagai upaya meningkatkan perekonomian kedua...
dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya