Kamis 29 Desember 2022, 19:36 WIB

Banjir Datang saat Jip Wisata Gunung Merapi Macet di Sungai

Agus Utantoro | Nusantara
Banjir Datang saat Jip Wisata Gunung Merapi Macet di Sungai

Metro TV/Agus Utantoro.
Jip yang tenggelam di sungai.

 

MOBIL jip yang biasa digunakan untuk melayani wisatawan dalam lava tour, Kamis (29/12) siang, terjebak aliran banjir Sungai Kuning di ruas Sidorejo, Kalurahan Hargobinangun, Pakem, Sleman. 

Sebelumnya, jip yang membawa wisatawan ini melakukan manuver di alur sungai yang berhulu di Puncak Gunung Merapi. Namun belum selesai melintas genangan air, tiba-tiba mengalami kerusakan mesin, sehingga macet di tengah kubangan. 

Sesama pengemudi jip wisata kemudian berusaha memindahkan jip dengan cara ditarik. Namun upaya itu gagal. Bahkan kawat baja penariknya atau sling putus. 

"Jip itu manuver biasa ya seperti biasanya kita manuver tetapi pas kejadian itu jip ini macet, di-towing kebetulan enggak mampu juga slingnya. Tiba-tiba ada banjir. Otomatis jipnya ditinggal. Pemandu ataupun driver sudah mengamankan dengan sendirinya," ujar Dardiri, Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi.

Pada saat yang sama terjadi banjir akibat hujan lokal ditambah lagi aliran dari puncak. Akibatnya, jip terendam air. Sementara sopir dan wisatawan berhasil dievakuasi.

Baca juga: Banjir Terjang Dua Desa di Kupang, Puluhan Rumah Hanyut

Wakil Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi Bambang Kotir menambahkan jangan sampai ada pemikiran bahwa jip itu tenggelam. "Jip itu sudah terjebak duluan, jadi macet," tuturnya.

Relawan bersama kalangan komunitas jip wisata kemudian melakukan evakuasi secara manual. Badan jip yang terbalik dan terendam air ditarik dengan tali bersama-sama dan berhasil.

Selain menyebabkan terjadinya penambahan air di alur Sungai Kuning, hujan deras juga menyebabkan longsor di Telaga Putri Kaliurang. Namun sejauh ini tidak dilaporkan ada korban luka ataupun meninggal dunia. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Bulog Pekalongan Gelontorkan Puluhan Ton Beras Untuk Stabilkan Harga

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:18 WIB
PERUM Bulog Cabang Pekalongan, Jawa Tengah menggelontorkan 28 ton beras kelas medium ke 12 pasar di wilayah pantai utara (pantura). Hal itu...
Dok. Pribadi

Cerita Eka Demyanti Membangun Salon Kecantikan Hingga Bersertifikasi Internasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:17 WIB
Dengan banyaknya pelanggan yang merasakan hasil nyata dan puas, membuat usahanya itu menjadi salah satu salon kecantikan terbaik di Jawa...
Dok. Pemprov Jateng

Taj Yasin Minta Mahasiswa Rawat Guyub Rukun Masyarakat 

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 17:15 WIB
"Alhamdulilah di Jateng sendiri untuk polarisasi agama, suku, kelompok, itu sampai saat ini masih bisa kita patahkan, karena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya