Rabu 28 Desember 2022, 17:34 WIB

Potensi Bencana Mengancam Saat Pergantian Tahun, Masyarakat Diminta Waspada

mediaindonesia.com | Nusantara
Potensi Bencana Mengancam Saat Pergantian Tahun, Masyarakat Diminta Waspada

ANTARA/Didik Suhartono
Warga mendorong sepeda motornya yang mogok akibat menerobos banjir di Jalan Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

 

MASYARAKAT yang akan merayakan malam pergantian tahun diminta Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti untuk meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, ada potensi terjadi bencana akibat cuaca buruk.

LaNyalla juga mengingatkan jika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda telah merilis ramalan cuaca di hari ini yang menyatakan umumnya wilayah Jawa Timur tersapu hujan.

"Untuk masyarakat Jawa Timur, terutama daerah-daerah yang rawan banjir rob, saya imbau untuk mewaspadai potensi banjir atau kebencanaan lainnya menjelang pergantian tahun," tutur LaNyalla saat menjalani masa reses di Surabaya, Jatim, Rabu (28/12).

Senator asal Jatim itu mengatakan, bencana yang terjadi di berbagai daerah provinsi paling timur di Pulau Jawa itu harus menjadi peringatan bagi masyarakat.


Baca juga: BMKG Berikan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Sumsel


"Tetap tingkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebencanaan apalagi menjelang malam tahun baru. Waspadai rumah yang ditinggal untuk merayakan tahun baru apalagi banyak ancaman kebencanaan terutama banjir," katanya.

Untuk itu, LaNyalla berharap masyarakat tidak larut berlebihan dalam euforia malam pergantian tahun nanti.

"Cuaca yang sedang tidak baik ini tidak bisa diabaikan. Lebih baik masyarakat waspada sekaligus mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sebelumnya, sejumlah wilayah yang terkena bencana adalah banjir rob melanda pantai utara (pantura) Situbondo dan angin kencang mengamuk di Sumenep serta ombak besar menerjang pesisir Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Banyak perahu karam dan rumah rusak serta gelombang tinggi di Tuban. (RO/OL-16)

Baca Juga

MI/Ruta Suryana

Desa Wisata Pemuteran Raih Penghargaan di Level ASEAN Tahun 2023

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:20 WIB
Desa Wisata Pemuteran, Bali, mendapat penghargaan yang diberikan oleh ASEAN Tourism Standard kategori Community-Based Tourism...
MI/Dwi Apriani

Drone dan Helikopter Dikerahkan APP Sinar Mas untuk Deteksi Dini Karhutla

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:10 WIB
KEBAKARAN hutan, kebun, dan lahan (karhutbunla) menjadi poin utama yang harus diantisipasi dan dicegah di saat memasuki musim...
dok.ist

Relawan SandiUno Ciptakan Lapangan Kerja Lewat Bisnis Kuliner di Sumedang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:10 WIB
RELAWAN Gerbong Pecinta SandiUno terus menggencarkan pelatihan-pelatihan ke daerah, untuk membangkitkan motivasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya