Rabu 07 Desember 2022, 17:18 WIB

Mantan Petinggi Sunda Empire Dimakamkan di Brebes

Supardji Rasban | Nusantara
Mantan Petinggi Sunda Empire Dimakamkan di Brebes

MI/Supardji
Jenazah Edi Raharjo saat akan dibawa ke pemakaman umum Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (7/12)..

 

MANTAN petinggi Sunda Empire Lord Rangga yang memiliki nama asli Edi Raharjo mengembuskan napas terakhir. Isak tangis keluarga pecah saat jenazah Lord Rangga tiba di rumah duka di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (7/12) siang.

Usai disalatkan di musala setempat, jenazah langsung  dimakamkan.

Isak tangis keluarga pecah sesaat jenazah Rangga tiba di kampung halamannya di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Lord Rangga yang memiliki nama asli Edi Raharjo, 55, meninggal dunia Rabu pagi di Rumah Sakit Mutiara Bunda Tanjung, Brebes, akibat penyakit paru yang dideritanya.

Rangga meninggalkan dua orang anak dari mantan istri pertama, empat anak dari mantan istri kedua, serta seorang anak dari istri terakhir. Lord Rangga sempat disemayamkan di rumah istri ketiga di Desa Negla, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes.

Kakak kandung Lord Rangga, Nur Hemah, menuturkan, semasa hidup almarhum dikenal sebagai orang baik. Meski merantau di Jakarta dan jarang pulang ke kampung halaman, jika kembali ke desa selalu mengunjungi seluruh saudaranya.

Terakhir, tutur Nur, almarhum sempat memberikan air dari pengajian untuk kakak iparnya yang sedang sakit dan sembuh.


Baca juga: Ketum Partai Demokrat Kutuk Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar


"Ya pokoknya orangnya baik sama saudara dan tetangga. Kalau pulang ke rumah juga pasti berkunjung ke saudara-saudaranya. Pulang terakhir sekitar sebulan lalu (November)," ujar Nur.

Kepala Desa Grinting, Suhartono, menyampaikan bahwa Lord Rangga jarang pulang ke rumahnya di Brebes, kecuali pada hari-hari besar seperti Lebaran. Menurut dia, almarhum sejak lulus SLTA sudah merantau ke Jakarta.

"Semula Lord Rangga akan dimakamkan di rumah istrinya yang ketiga di Desa Negla, Kecamatan Losari, namun hasil musyawarah akhirnya
dimakamkan di kampung halamannya di Desa Grinting ini," tutur Suhartono.

Usai disalatkan, jenazah Lord Rangga dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Seyoh, Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Isak tangis keluarga kembali pecah saat jenazah Rangga dimasukkan ke liang lahat. Puluhan pelayat mengantar kepergian sang Lord yang sempat menghebohkan dengan mengaku sebagai petinggi Sunda Empire itu ke tempat peristirahatan terakhir. (OL-16)

 

Baca Juga

MI/NAVIANDRI

Bandung Zoo Lakukan Beragam Pengembangan Tahun Ini

👤Naviandri 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 13:25 WIB
Bandung Zoo yang berada di pusat Kota Bandung, Jawa Barat, kini memiliki sekitar 700-an satwa, terdiri dari 202...
dok.ist

Relawan Sandi Latih Berwirausaha Warga Bandung Raya

👤mediaindoenesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 11:23 WIB
KEBUTUHAN rumah tangga dirasakan semakin meningkat, mendorong Aksi Jaringan Sandi Uno mengadakan pelatihan kewirausahaan praktis bagi warga...
Ist

Dukung Puan Sebagai Capres 2024, Emak-emak Gelar Rampak Jaipong di CiamisĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 11:20 WIB
Ratusan emak-emak di Kabupaten Ciamis, Jawa Batrat, menggalang dukungannya dengan mengadakan kesenian rampak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya