Rabu 16 November 2022, 19:37 WIB

Rumah Pintar Pekebun di Mempawah Hilir demi Komoditas Berkualitas

Mediaindonesia.com | Nusantara
Rumah Pintar Pekebun di Mempawah Hilir demi Komoditas Berkualitas

DOK Kementan.
Edukasi pengetahuan kepada pekebun tentang organisme pengganggu tumbuhan (OPT) perkebunan.

 

KEMENTERIAN Pertanian melalui Ditjen Perkebunan, khususnya BPTP Pontianak, sukses menggelar Rumah Pintar Pekebun (RPP) di BPP Mempawah Hilir, Kalimantan Barat, beberapa waktu lalu. RPP mendapat respons positif dari para pekebun yang berantusias terhadap informasi perkebunan untuk diterapkan dalam mengembangkan dan memelihara kebunnya.

Edukasi pengetahuan kepada pekebun tentang organisme pengganggu tumbuhan (OPT) perkebunan dan cara budi daya tanaman yang baik menjadi hal yang sangat penting dilakukan, karena akan memengaruhi keberhasilan tanaman, baik hasil produksi maupun produktivitasnya.

Balai Proteksi Tanaman Perkebunan (BPTP) Pontianak merupakan salah satu Unit Pelaksana Tugas (UPT) Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, dengan tugas melaksanakan analisis teknis dan pengembangan proteksi tanaman perkebunan. Pada 2022, RPP yang dilaksanakan BPTP Pontianak ditunjuk sebagai Unit Kerja Quick Wins Direktorat Jenderal Perkebunan.

"Di Rumah Pintar Pekebun, BPTP Pontianak menghadirkan berbagai layanan seperti Layanan Cepat Identifikasi OPT, Apotek Perlindungan Perkebunan, dan Pojok Literasi yang siap melayani petani. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu pekebun dalam melakukan usaha budi daya perkebunan," ujar Gabriel Lulus Puji Hantoro, Kepala BPTP Pontianak, dalam keterangan tertulis, Rabu (16/11).

Gabriel menambahkan, melalui kegiatan RPP ini diharapkan pekebun di wilayah Kabupaten Mempawah dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan khususnya mengenai budi daya tanaman perkebunan dan pengendalian OPT perkebunan serta dapat mengadopsi teknologi yang dihasilkan BPTP Pontianak dan menerapkan di kebun masing-masing. Kegiatan ini dihadiri oleh petani di sekitar wilayah Mempawah dan seluruh pegawai BPP Mempawah Hilir, serta Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Mempawah yang diwakili oleh Kepala Bidang Penyuluhan dan Kepala Bidang Perkebunan.

"Ke depan diharapkan Rumah Pintar Pekebun dapat lebih berkembang dan dapat menjangkau semua pekebun di beberapa daerah. Dengan demikian hal itu dapat membantu pekebun dalam mengembangkan dan memelihara kebun serta menghasilkan komoditas perkebunan yang berkualitas mutu baik," harapnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Kemenkominfo

Begini Cara Unik Grup Komedi Empat Sekawan Sosialisasikan UU KUHP ke Masyarakat Serang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 14:43 WIB
“Kita harus bangga karena pada akhirnya, bangsa Indonesia berhasil merampungkan penyusunan RKHUP menjadi KUHP,” ungkap Nurul...
Dok. Politeknik Pelayaran Banten

Politeknik Pelayaran Banten Gelar Penyluhan Keselamatan Pelayaran Bagi Nelayan di Kabupaten Tangerang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 14:15 WIB
Penyuluhan dan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para nelayan Dan ABK dalam beraktivitas di laut guna...
Ist

Wakil Ketua DPD Golkar Sultra Rusmin Abdul Gani Terpilih Jadi Ketua AMPI Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 13:55 WIB
Musda IX AMPI yang dihadiri perwakilan dari 17 kabupaten dan kota DPD AMPI se-Sultra secara aklamasi memilih Rusmin Abdul Gani sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya