Jumat 11 November 2022, 10:05 WIB

Komit Bantu Pasar Indonesia, Makuku Bangun Pabrik di Jawa Tengah

Mediaindonesia.com | Nusantara
Komit Bantu Pasar Indonesia, Makuku Bangun Pabrik di Jawa Tengah

Dok.Makuku
Peletakan batu pertama pembangunan pabrik Makuku di Jawa Tengah.

 

BADAN Pusat Statistik mencatat anak berusia 0-4 tahun di Indonesia berjumlah 22,45 juta jiwa. Angka itu cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sebesar 272,682 juta jiwa. 

Sementara itu, usia ideal penggunaan popok pada bayi yang disarankan adalah hingga usia 2,5 tahun. Melihat pada data tersebut, kebutuhan popok di Indonesia sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Makuku ber komitmen terhadap pasar Indonesia dengan mendirikan pabrik pertama yang berlokasi di Jatengland Industrial Park Sayung Demak, Jawa Tengah.

Pabrik pertama yang didirikan oleh Makuku memiliki luas sebesar 50.000 m2 dengan perencanaan kapasitas produksi 40 Juta RMB pada Mei 2023. Tipe produk yang akan diproduksi oleh pabrik ini adalah Makuku SAP Diapers Slim dan Makuku SAP Diapers Comfort tipe perekat dan celana. 

Pabrik itu merupakan pabrik nonlimbah dan memiliki sistem pembuangan limbah komprehensif. Tidak ada air yang dibutuhkan dalam proses produksi. Limbah domestik akan dibuang setelah pengolahan limbah pada pabrik. Selain itu, peralatan bengkel akan dilengkapi dengan peralatan penghilang debu berkualitas terbaik sehingga, udara yang dihasilkan dapat membantu mencapai tingkat kebersihan udara alami.

“Pabrik ini akan  memproduksi produk yang ditargetkan bagi pasar di Indonesia. Jika melihat pada  jumlah balita di Indonesia, kami optimistis dapat memenuhi jumlah permintaan popok di Indonesia. Sesuai dengan komitmen Makuku untuk menjadi pilihan terbaik bagi Ibu di Indonesia, Makuku juga senantiasa mengembangkan produk popok dengan inovasi teknologi yang dibutuhkan oleh para Ibu dan bayi. Oleh karena itu, kami juga meluncurkan campaign #TakutRuamPopokPakaiMakuku dengan inovasi teknologi inti struktur SAP pertama di Indonesia pada produk Makuku,” ujar CEO Makuku Jason Lee.

Produk roduk yang diproduksi pada pabrik Makuku, lanjut Jason adalah Makuku SAP Diapers yang memiliki teknologi tinggi dengan daya tampung lebih besar, sebelumnya hanya 400ml menjadi 500ml. Makuku SAP Diapers Slim juga menyempurnakan dimensi, elastisitas dan gelembung pada bagian pinggang untuk meningkatkan ventilasi udara sehingga si Kecil merasa nyaman.

Jenis kain yang digunakan pada Makuku SAP Diapers Slim adalah non-woven fabric hot air dan lapisan belakang ditingkatkan menjadi Biokomponen Spunbound sehingga lebih halus dengan serat yang lebih tipis untuk mengurangi gesekan pada kulit bayi.

Adapun Makuku SAP Diapers Comfort  meningkatkan daya tampung yang sebelumnya hanya 250ml menjadi 400ml. Makuku SAP Diapers Comfort memperluas lebar permukaan dari 11cm menjadi 11,5cm untuk penyebaran penyerapan yang lebih optimal. Untuk meminimalisir kebocoran pada bagian samping, Makuku SAP Diapers Comfort juga memperbaharui panjang tepi popok dari 4cm menjadi 4,5cm. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya