Rabu 09 November 2022, 15:10 WIB

Banjir Landa Dua Kecamatan di Kabupaten Banjar

Denny Susanto | Nusantara
Banjir Landa Dua Kecamatan di Kabupaten Banjar

Antara/Bayu Pratama S.
Warga berada di atap rumahnya saat terjadi banjir di Desa Pengaron, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (12/1).

 

BENCANA banjir kembali melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan akibat cuaca buruk yang terus melanda wilayah tersebut. Sejak dua hari terakhir banjir melanda sejumlah desa pada dua kecamatan di Kabupaten Banjar.

"Banjir terjadi di daerah cekungan sepanjang DAS di Kecamatan Pengaron dan Matraman, Kabupaten Banjar," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, R Suria Fadliansyah, Rabu (9/11). Bencana banjir terjadi sejak Senin (7/11).

Menurut data BPBD Kabupaten Banjar, banjir melanda sejumlah desa pada dua kecamatan yaitu Pengaron dan Matraman. Ketinggian air bervariasi antara setengah meter hingga dua meter. "Di beberapa lokasi banjir cukup parah dan arus air cukup deras. Aktivitas warga terganggu karena akses jalan tidak bisa dilewati," ujar Suria.

Pihak BPBD bersama aparat kepolisian setempat, aparat desa, dan relawan telah turun ke lapangan untuk membantu penanganan darurat bencana banjir. Selain bantuan tanggap darurat, warga korban banjir juga memerlukan pasokan air bersih.

Cuaca buruk masih terus melanda sebagian besar wilayah Kalsel. BMKG Kalsel telah menerbitkan himbauan kewaspadaan dini bencana akibat hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Barito Kuala, Tapin, Tanah Bumbu, dan
sekitarnya.

Pada bagian lain, tingginya curah hujan menyebabkan para petani lahan rawa pasang surut dan rawa lebak di Kalsel mengalami gagal tanam dan sebagian gagal panen. Kondisi ini berimbas pada melonjaknya harga beras dan sayuran di Kalsel. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Penerbit Erlangga Kirim Bantuan untuk MCK Bagi Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 11:25 WIB
Penerbit Erlangga melalui Solidaritas Erlangga (SOGA) memberikan bantuan masing-masing 2 unit kamar mandi dan toilet portabel untuk di...
Dok MI

PLN Babel Tanam 1.600 Pohon untuk Mencegah Bencana

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 29 November 2022, 11:00 WIB
PT PLN Bangka Belitung melaksanakan penanaman 1.600 pohon serentak Bukit Mangkol Kabupaten Bangka...
Ist

Wira Cipta Perkasa Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa di Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 10:43 WIB
Fokus bantuan yang disalurkan kepada korban bencana gempa Cianjur diarahkan ke daerah-daerah yang belum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya