Rabu 09 November 2022, 14:48 WIB

Banjir masih Menjadi Permasalahan di Pangkalpinang

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Banjir masih Menjadi Permasalahan di Pangkalpinang

MI/Rendy Ferdiansyah.
Sejumlah titik di Pangkalpinang terendam banjir.

 

WALI Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, tak menampik banjir masih menjadi permasalahan di ibu kota Provinsi Bangka Belitung (Babel) tersebut. Masalah banjir sudah menjadi skala prioritas setiap tahun. 

Karena itu, APBD selalu mengalokasikan anggaran untuk penanganan banjir. "Setiap tahun ada alokasi APBD kita untuk penanganan banjir, kendati jumlahnya tidak terlalu besar," kata Maulan, Rabu (9/11).

Kendati setiap tahun selalu dianggarkan, menurut dia, bukan berarti masalah banjir tertangani 100%. "Saya tidak berani menjanjikan masalah banjir ini selesai, tetapi kita terus berupaya mengurangi durasi genangan air," ujarnya. 

Ia menambahkan bahwa sulit menyelesaikan masalah banjir dengan anggaran terbatas. Permasalahan banjir di Pangkalpinang akibat hujan disertai pasang air laut ini tak lepas dari kondisi secara morfologi.

Menurutnya, Pangkalpinang merupakan daerah berbentuk cekung seperti kuali. Ini berarti bagian pusat kota berada di daerah rendah. "Karena kondisinya demikian, setiap hujan lebat dan pasang air laut selalu terjadi banjir dan genangan air," ucap dia.

Kelurahan di Pangkalpinang yang menjadi langganan banjir yaitu Rejosari, Opas Indah, Gedung Nasional, Rawa Bangun, Lontong Pancur, Bintang, Parit Lalang, Keramat, Air Kepala Tujuh, hingga Selindung. (OL-14)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Tiga Jenazah Ditemukan Terdampar di Pantai Lelendo Kupang

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 November 2022, 08:01 WIB
WARGA menemukan tiga jenazah terdampar di Pantai Tanjung Lelendo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu...
dok.ist

Berdayakan Perempuan Sulsel Srikandi Ganjar Sulsel Gelar Creative Competition

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:01 WIB
ANTUSIAS perempuan muda di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti kegiatan Srikandi Creative Competition di Misi Depo Bangunan, Kabupaten...
DOK.MI

Gempa Dangkal Guncang Kabupaten Bombana Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:40 WIB
Gempa dangkal kedalaman 7 kilometer mengguncang wilayah Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana di Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11) pukul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya