Selasa 08 November 2022, 14:41 WIB

Taman Pracima Solo Diharap Jadi Destinasi Wisata Baru

Widjajadi | Nusantara
Taman Pracima Solo Diharap Jadi Destinasi Wisata Baru

MI/Widjajadi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming meninjau progres pembangunan Taman Pracima Mangkunegaran didampingi Pengageng Pura KGPAA Mangkunegoro X

 

PURA Mangkunegaran sejak lima bulan terakhir terus berprogres melakukan proses revitalisasi Taman Pracima atau Pracima Tuin. Tidak disebutkan berapa anggaran yang digelontorkan untuk area taman yang akan berfungsi sebagai tempat interaksi publik dan kawasan terbuka hijau tersebut.

"Yang jelas langkah revitalisasi ini terinspirasi dari taman kerajaan yang pernah dibangun leluhur kami, Sampeyandalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (S.I.J.K.G.P.A.A.) Mangkoenagoro VII pada tahun 1930-an," kata Pengageng Pura, KGPAA Mangkoenagoro X, di sela-sela peninjuan progres Taman Pracima bersama Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, Selasa (8/11).

Proses pembangunan revitalisasi melibatkan para ahli cagar budaya yang kemudian memunculkan wujud bangunan Taman Pracima atau "Pracima Tuin" yang bergaya arsitektur Jawa-Eropa. Seluruh anggaran pembiayaan pembangunan ini digalang dari CSR dan juga bantuan dari Kementerian BUMN. Diharapkan, akhir Desember bisa selesai.

"Taman Pracima terintegrasi dengan bangunan di dalamnya seperti Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik yang difungsikan sebagai pusat pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta kuliner khas Mangkunegaran," ungkapnya.

Baca juga: Di Solo, Sandiaga Terinspirasi Ciptakan Lebih Banyak Lapangan Kerja

Selain sebagai ruang publik dan pusat kebudayaan, lanjut pemilik nama asli Bhre Cakrahutomo itu, keberadaan Taman Pracima juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau atau paru paru kota dan resapan air.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran menjelaskan keberadaan Taman Pracima yang melengkapi ruang tata kelola kebudayaan Mangkunegaran juga akan menjadi destinasi wisata baru.

"Pura Mangkunegaran makin komplit, sebagai pusat kebudayaan dan tempat wisata budaya yang indah dan instagramable. Sangat mendukung keberadaan Ngarsapura dan Triwindu koridor Gatsu (Gatot Subroto) yang sedang dibenahi. Semua parkir nanti di Pura Mangkunegaran, sehingga wisatawan bisa berkegiatan budaya dan belanja," tutur Gibran.(OL-5)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Harga Kebutuhan Pokok Melonjak di Surabaya

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:55 WIB
SEJUMLAH harga bahan pokok mulai naik menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Di Pasar Tambahrejo, Kota Surabaya, ada beberapa...
dok.Ant

Ribuan Burung Ilegal dari Bali Disita di Pelabuhan Ketapang

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:45 WIB
RIBUAN burung yang diduga akan diselundupkan dari Bali menuju Pulau Jawa berhasil disita petugas Karantina di Pelabuhan Ketapang,...
dok.Ant

Ancam Lingkungan, Warga Batang Tutup Paksa Penambangan Galian C Liar

👤Akhmad Safuan 🕔Minggu 04 Desember 2022, 10:35 WIB
SEMPAT terhenti beberapa saat, aktivitas tambang liar galian C di Kabupaten Batang, Jawa Tengah kembali beroperasi. Lantaran itu, warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya