Selasa 08 November 2022, 11:00 WIB

Dukung Digitalisasi, Pemprov Jawa Barat Gandeng Peruri Luncurkan Pion Jabar

Mediaindonesia.com | Nusantara
Dukung Digitalisasi, Pemprov Jawa Barat Gandeng Peruri Luncurkan Pion Jabar

Dok.Peruri
Acara peluncuran platform Penjaminan Online Jawa Barat (Pion Jabar) di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

 

DIGITALISASI adalah ssuatu yang tidak bisa dihindari saat ini. Hampir semua sektor bahkan telah bertransformasi ke digital. Bahkan pemerintah pusat juga mendorong agar para pelaku usaha mikro, kecil, dan menenangah (UMKM) agar beralih ke digital agar mereka bisa bertahan.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Peruri dan PT Solusi Penjaminan Aman meluncurkan platform Penjaminan Online Jawa Barat (Pion Jabar) di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Pion Jabar secara resmi diluncurkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Barat, Taufiq Budi Santoso dan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Provinsi Jawa Barat, Nining Yuliasetiani dan disaksikan oleh Kepala Divisi Produk Digital Peruri, Farah Fitria, Kepala Divisi Pemasaran Strategis Peruri, Hari Sukmono, CEO PT Solusi Penjaminan Aman, Davy Sumolang, Direktur Utama PT Jamkrida Jawa Barat, Yanti Rachmawati serta  Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, Gatot Pambudhi Poetranto yang hadir secara virtual.

Baca juga: Dengan Digitalisasi, Pustakawan Berperan Penting Cerdaskan ...
 
Menurut Taufiq, Pion Jabar merupakan platform penjaminan online yang disediakan PT Solusi Penjaminan Aman untuk diimplementasikan di lingkungan Pemprov Jabar, khususnya pada proses pengadaan barang dan jasa yang dilengkapi layanan digital milik Peruri yaitu Peruri Code, tanda tangan elektronik Peruri Sign, stempel digital Peruri Tera dan Meterai Elektronik. Sebelumnya, dokumen jaminan pada proses pengadaan yang diterbitkan oleh perusahaan asuransi atau lembaga keuangan bidang pembiayaan dan masih menggunakan metode konvensional sehingga memerlukan waktu dan biaya lebih.

Dengan Pion Jabar diharapkan memudahkan dan mempercepat para penyedia dalam membuat jaminan yang dibutuhkan. Jika sebelumnya pada proses konvensional memerlukan waktu 4-7 hari, dengan penjaminan online dapat memangkas waktu menjadi 1-3 hari.

Hal terpenting dalam proses penjaminan online ini adalah sudah dibekali dengan produk digital security yang menjadikan dokumen penjaminan mudah untuk diidentifikasi keasliannya dan tidak dapat dipalsukan. Beberapa manfaat digitalisasi pada proses penerbitan jaminan pengadaan adalah kemudahan penerbitan dokumen, kesesuaian dengan peraturan, kemudahan dalam pengecekan keaslian dokumen, dan kemudahan dalam proses pencairan jaminan pengadaan.

“Kami hadir sebagai perusahaan penjamin keaslian untuk produk konvensional maupun sistem digital. Peruri mendukung penuh keberadaan platform penjaminan online yang disediakan oleh PT Solusi Penjaminan Aman. Fitur-fitur sekuriti yang dimiliki Peruri sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, sehingga polis asuransi dan bank yang diterbitkan penjaminan online dapat dijaminkan keaslian dan keamanannya,” ujar Kepala Divisi Produk Digital Peruri, Farah Fitria.
 
Bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan pemerintahan, manfaat Pion Jabar dapat mengurangi fraud yang diterima PPK karena menggunakan Peruri Code yang dapat dijaminkan keasliannya dan tidak dapat dipalsukan. Peruri Code berfungsi untuk pengecekan keaslian jaminan yang dapat dilakukan di mana saja dengan cara scanning barcode.
 
“Kami mengapresiasi upaya Pemprov Jabar yang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada publik, dalam hal ini adalah bank asuransi, pelaku usaha maupun vendor. Proses pekerjaan (proses pengadaan-red) menjadi lebih mudah dan cepat namun tetap efektif dan akuntabel,” kataDeputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP RI,  Gatot Pambudhi Poetranto. (RO/A-1)

Baca Juga

dok.ist

Di Rakernis, Korlantas Polri Sosialisasikan Alat Tes Alkohol Dan Narkoba

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 06:02 WIB
KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) sekaigus menyosialisasikan alat tes alkohol dan alat tes...
Dok. JAwa Eye Indonesia

Jawa Eye Indonesia Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 01 Desember 2022, 02:01 WIB
PR Manager Jawa Eye Indonesia Setiadi menyatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Jawa Eye Indonesia atas musibah Gempa...
MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya