Minggu 06 November 2022, 14:58 WIB

Hari Kedua Dapur Umum, Mak Ganjar Bagikan 250 Paket Makanan Korban Banjir Langkat

mediaindonesia.com | Nusantara
Hari Kedua Dapur Umum, Mak Ganjar Bagikan 250 Paket Makanan Korban Banjir Langkat

dok.ist
Relawan Mak Ganjar Sumatera Utara membangun dapur umum bagi masyarakat terdampak banjir di dua titik wilayah Kabupaten Langkat, hingga 8 Nov

 

RELAWAN Mak Ganjar Sumatera Utara (Sumut) membangun dapur umum bagi masyarakat terdampak banjir di dua titik wilayah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Melalui dapur umum, mereka mendistribusikan 250 paket makanan siap saji dan sembako.

Titik distribusi pertama di Gang Kampung Dalam, Kelurahan Pekan Tanjung Pura yang terendam banjir selama tiga hari dengan ketinggian mencapai 30 cm. Sementara, titik lainnya di Gang Bilal, Pekan Tanjung Pura, banjir setinggi 50-70 cm telah merendam puluhan rumah dan berlangsung selama dua bulan.

Berbagai cara dilakukan Mak Ganjar Sumut untuk menyalurkan bantuan, mulai dari berjalan kaki hingga menggunakan perahu karet, sebab masih ada sejumlah warga yang memilih tidak mengungsi.

"Kami memasak bersama dengan warga dan ibu-ibu di tempat ini. Setelah selesai masak masak kita bagikan ke warga yang kena dampak banjir. Total ada 250 kotak, selain makanan ada juga sembako yang dibagikan," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumatera Utara, Nour Wahyuni di Gang Bilal, Pekan Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (5/11/22).

Bantuan itu telah digulirkan selama dua hari sejak Jumat (4/11) dan akan berlanjut hingga Selasa (8/11).

Nour menyatakan, dapur umum ini adalah komitmen Mak Ganjar Sumut yang  terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo. Menurut dia, Ganjar selalu siap siaga menghadapi datangnya bencana, serta merespon cepat membantu masyarakat Jawa Tengah yang terdampak.

Misalnya saja, terkait bencana banjir yang melanda Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes beberapa waktu lalu. Ganjar bergerak cepat membangun rumah bagi 32 keluarga korban bencana banjir bandang.

Bantuan material rumah yang digunakan berupa struktur RUSPIN atau Rumah Unggul Sistem Panel Instan dua lantai beserta komponen senilai Rp50 juta dan Rp1,8 juta, untuk upah padat karya. Bangunannya yaitu tipe 36, dengan luas tanah 6x4 m2 dan luas bangunan 36 m2.

Ulfah (38), warga Kampung Dalam, bersyukur atas bantuan makanan siap saji dan sembako yang diberikan Mak Ganjar Sumut. Dia berharap, bantuan itu dapat terus digulirkan.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Mak Ganjar yang telah berbagi makanan dan sembako kepada kami warga terdampak banjir ini," kata Ulfah.

Ulfah mengaku aktif mengikuti perjalanan relawan Mak Ganjar dalam menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo kepada masyarakat. Menurut dia, sosok Ganjar adalah pemimpin yang baik, apa adanya, kharismatik, dan merakyat.

"(Saya) tau (sosok Ganjar). Beliau itu orangnya baik dan mengayomi masyarakat," singkat Ulfah.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, banjir merendam sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Tanjung Pura akibat curah hujan yang tinggi beserta luapan air sungai.

Di Kelurahan Pekan Tanjung Pura, sekitar 123 KK terdampak banjir dan sebagian warga terpaksa mengungsi. Banjir juga merendam madrasah, perguruan tinggi dan masjid di sana. (OL-13)

Baca Juga

DOK.MI

Warga Banten Diimbau Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:56 WIB
Peringatan kewaspadaan potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi Selasa ini di...
DOK.MI

Dua Pemuda Lempar Tamu Hotel dari Lantai 5 Hotel di Palembang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:48 WIB
Tersangka BG tidak terima MNF ini memesan jasa kencan terhadap SH melalui aplikasi Michat tanpa melalui dirinya, hingga terjadi keributan....
ANTARA

BMKG Catat 40 Gempa Susulan di Jember

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 23:31 WIB
Magnitudo paling kecil tercatat 2,9 dan paling besar 5,3. Untuk magnitudo 5,3 itu dirasakan di Kuta, Denpasar, Jember, dengan skala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya