Minggu 30 Oktober 2022, 15:15 WIB

SDG Banten Rayakan Maulid Nabi Muhammad dan Doa Bersama Untuk Indonesia

mediaindonesia.com | Nusantara
SDG  Banten Rayakan Maulid Nabi Muhammad dan Doa Bersama Untuk Indonesia

dok.SDG
Santri Dukung Ganjar Provinsi Banten merayakan Maulid Nabi Muhammad dan doa bersama untuk bangsa, Sabtu malam (29/10/2022)

 

DALAM rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Santri Dukung Ganjar (SDG) Provinsi Banten menggelar doa bersama untuk Indonesia di lapangan Penziarahan Kapal Bosok, Curugmanis, Kota Serang, Banten pada Sabtu (29/10/2022).

"Kita bersama sekitar 1.000 santri menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Doa Bersama Untuk Indonesia, khususnya untuk Pak Ganjar Pranowo sebagai calon pemimpin Indonesia di 2024. Selain itu kita juga menyelenggarakan haul untuk Tuan Syekh Abdul Qodir Jailani," ujar H. Ahmad Yury Alam, Dewan Pembina SDG Provinsi Banten.

Yury mengaku, ada respon positif didapatkan relawan SDG selama proses sosialisasi dan tidak menemukan kendala berarti dalam mengajak para santri di setiap kegiatan SDG maupun memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo secara langsung.

"Alhamdullilah saya bersyukur kiai, ulama dan santri di Provinsi Serang menyambut baik kedatangan kami. Ini karena sosok Pak Ganjar yang dikenal suka bersilaturahmi kepada pemuka agama dan para santri," jelas Yury.

Berdasarkan data Education Management and Information System (EMIS) Kementerian Agama, jumlah pondok pesantren di Banten dalam tiga tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Tahun 2018 sekitar 4.000 pesantren, tahun 2021 per Oktober mencapai 6.032 pesantren, terdiri atas 3.972 salafiyah (kitab)  dan  2.060 modern (kitab dan satuan pendidikan). Adapun jumlah santrinya mencapai 483.915, yaitu  429.550 santri mukim dan  54.365 tidak mukim.

"Pondok pesantren berkembang di Banten karena kebutuhan masyarakat akan pendidikan agama Islam dan lembaga pendidikan yang memadukan pendidikan agama dan pengetahuan umum. Ini menjadi modal kuat bagi kami para relawan untuk terus mengenalkan Pak Ganjar dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa memberdayakan para santri untuk berkembang," tambah Yury.

Lebih lanjut, Yury menjelaskan, SDG Provinsi Banten akan terus berupaya untuk mengkolaborasikan program-program unggulan Ganjar di Jawa Tengah ke dalam kegiatan para santri melalui relawan SDG tersebut.

"Kita akan terus melakukan kegiatan kanvasing di pondok pesantren dengan pendekatan programnya Pak Ganjar di Jawa Tengah, salah satunya mungkin program Lapak Ganjar. Dengan program tersebut diharapkan akan mewujudkan santri yang mandiri secara ekonomi mendorong untuk banyak santri untuk terujun menggeluti profesi sebagai wirausaha muda," ungkapnya.

Yury yakin dukungan terhadap Ganjar Pranowo di Provinsi Banten semakin kuat dan santri Provinsi Banten berpihak pada sosok kepemimpinan Ganjar Pranowo.

"Prosesnya sudah lebih dari 50% dukungan dari para santri. Seiring dengan berjalannya waktu akan terus bertambah dan semakin kuat. Kita optimis Pak Ganjar bisa memenangkan Pilpres dari kalangan santri di Banten," ujarnya. (OL-13) 

Baca Juga

ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya