Jumat 28 Oktober 2022, 04:45 WIB

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas/Rutan Jatim Dibekali Skill Menembak

Heri Susetyo | Nusantara
Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas/Rutan Jatim Dibekali Skill Menembak

MI/Heri Susetyo
Para kepala rutan dan lapas di Jawa Timur ambil bagian dalam latihan menembak di Lapangan Tembak Pusdiklat Sabhara Porong Kabupaten Sidoarjo

 

KANWIL Kemenkumham Jawa Timur (Jatim) membekali Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas dan Rutan (KPLP/R) dengan skill menembak demi menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi pengamanan. 

Kegiatan latihan menembak digelar di Lapangan Tembak Pusdiklat Sabhara Porong Kabupaten Sidoarjo, Kamis (27/10) dan merupakan rangkaian acara pembinaan satuan tugas dan kesamaptaan. Sebanyak 39 Kepala KPLP/R di seluruh Jatim mengikuti kegiatan tersebut

"Karena keamanan dan ketertiban jadi elemen utama dalam menjalankan fungsi pemasyarakatan, di samping juga pelayanan dan pembinaan warga binaan," kata Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo. 

Baca juga: 264 KK Penyintas Bencana Erupsi Semeru Terima Kunci Huntap

Menurut Teguh, pihaknya mendesain kegiatan peningkatan kapasitas Kepala KPLP/R berupa materi konseptual dan teknis. Salah satu tujuannya untuk mengantisipasi meningkatnya situasi keamanan di lapas/ rutan menjelang akhir tahun.

"Tren di lapas/rutan Jatim, setiap akhir tahun selalu ada peningkatan risiko di bidang keamanan ketertiban dan mencapai puncaknya di malam tahun baru. Ini yang coba kami antisipasi," tegas Teguh.

Kondisi tersebut, kata Teguh, karena dipengaruhi euforia pergantian tahun. Untuk itu, pihaknya berharap Kepala KPLP/R yang punya peran vital dalam menjaga keamanan di lapas/rutan bisa punya wawasan dan kemampuan baru dalam aspek pengamanan.

"Kami telah menyusun strategi pengamanan, baik yang sifatnya untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang maupun untuk event tertentu seperti tahun baru serta hari raya," urai Teguh. 

Skill menembak yang diberikan ini diharapkan bisa diaplikasikan untuk mengkondisikan massa bila terjadi keadaan darurat. Karena, salah satu alat yang digunakan untuk pengendalian massa di lapas/ rutan saat kondisi darurat adalah senjata dengan peluru hampa maupun gas air mata.

"Dengan kemampuan menembak yang baik serta perencanaan dan pengambilan keputusan yang terukur, kami berharap Kepala KPLP/R bisa mengendalikan massa dengan cepat, tepat dan meminimalisir risiko yang ditimbulkan," jelasnya.

Dalam kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut, Kanwil Kemenkumham, yang dipimpin Zaeroji, menggandeng para pengasuh dan pembimbing Pusdiklat Sabhara Porong sebagai mentor. 

Kepala KP Lapas IIA Sidoarjo Prayogo Mubarak menjadi siswa terbaik kategori lapas. Sedangkan Nurhadi selaku Kepala KP Rutan Pacitan menjadi siswa terbaik kategori satker rutan. (OL-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Tiga Jenazah Ditemukan Terdampar di Pantai Lelendo Kupang

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 November 2022, 08:01 WIB
WARGA menemukan tiga jenazah terdampar di Pantai Tanjung Lelendo, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu...
dok.ist

Berdayakan Perempuan Sulsel Srikandi Ganjar Sulsel Gelar Creative Competition

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 07:01 WIB
ANTUSIAS perempuan muda di Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti kegiatan Srikandi Creative Competition di Misi Depo Bangunan, Kabupaten...
DOK.MI

Gempa Dangkal Guncang Kabupaten Bombana Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:40 WIB
Gempa dangkal kedalaman 7 kilometer mengguncang wilayah Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana di Sulawesi Tenggara, Sabtu (26/11) pukul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya