Kamis 27 Oktober 2022, 21:56 WIB

Polda Kaltara Bongkar Peredaran Kosmetik Ilegal dari Malaysia

Mediaindonesia.com | Nusantara
Polda Kaltara Bongkar Peredaran Kosmetik Ilegal dari Malaysia

Dok Polda Kaltara
Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltara mengungkap kosmetik ilegal dari Malaysia

 

POLDA Kaltara berhasil mengungkap kasus tindak pidana perdagangan kosmetik palsu atau ilegal yang tak mengantongi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Rabu (12/10)

Sebanyak 4.940 buah kosmetik ilegal dari Tawau, Nalaysia itu berupa produk kecantikan berbagai jenis seperti sunscreen, sabun batang hingga krim wajah. Barang ilegal itu disita oleh aparat kepolisian dari tangan tersangka dengan inisial SD. Ia berperan sebagai penyuplai barang di Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara.

Dirreskrimsus Polda Kaltara, Kombes Hendy F Kurniawan mengatakan kosmetik ilegal itu rencananya akan dipasarkan ke Tarakan, Kalimantan Utara.

"Ini tanpa izin edar dari BPOM, dan ini mengandung hydroquinone dan tretinoin yang mana kandungan ini dilarang diedarkan di wilayah Indonesia. Karena kandungan itu dapat menyebabkan kulit kemerahan, kering hingga terbakar," ujar Hendy, Kamis (27/10)

Ia menambahkan, jalur perdagangan gelap Tawau-Sebatik berpotensi sebagai pintu masuk berbagai barang barang untuk kebutuhan ekonomi, sekaligus potensi terjadinya pidana dan bahayakan kesehatan masyarakat.

"Penegakan hukum yang kami lakukan bertujuan untuk melindungi masyarakat Kaltara dari bahaya kosmetik tanpa izin edar serta melindungi produk dalam negeri dan produk yang telah sesuai standar BPOM," tandas Hendy.

SD telah ditahan untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut. Ia dijerat Pasal 197 Jo 106 ayat (1) dan (2) UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan sebagaimana dirubah dalam Pasal 60 angka 10 UU No 11 Rahun 2020 tentang Cipta Kerja dan atau Pasal 196 UU No 39 Tahun 2009 tentang Kesehatan. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya