Rabu 28 September 2022, 10:53 WIB

Implementasi dan Bimbingan Teknis Teknologi Digital bagi Nelayan Digital

Fransiskus Gerardus | Nusantara
Implementasi dan Bimbingan Teknis Teknologi Digital bagi Nelayan Digital

Metrotv/Fransiskus Gerardus
Nelayan Flores Timur mengikuti Bimtek Teknologi Digital bagi Nelayan.

 

KEMENTRIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Flores Timur, dan Startup FishOn menggelar Bimtek Teknologi Digital bagi Nelayan di Kabupaten Flores Timur, Rabu (28/9) mulai pukul 08:00 Wita di Ballroom Hotel Asa Larantuka.

Kegiatan tersebut digelar untuk mengejahwantahkan program transformasi digital bagi para nelayan, dan diikuti 100 nelayan di Kabupaten Flores Timur. 

Dalam kegiatan tersebut, dibicarakan soal potensi pendapatan sektor maritim di Kabupaten Flores Timur, yang terbilang cukup besar dalam sektor perikanan tangkap.

Baca juga: Korupsi Dana Covid-19, Sekda Flotim Ditahan

Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pertanian, Maritim, Logistik Kementerian Komunikasi dan Informatika Wijayanto mengatakan Kominfo telah merancang beberapa inisiatif digitalisasi pada enam sektor strategis, yang salah satunya adalah sektor maritim.

Sektor strategis maritim diklasifikasikan ke dalam dua macam proses yaitu perikanan tangkap dan perikanan budidaya.

Dengan program nelayan digital ini, nantinya para nelayan diajarkan untuk menggunaan teknologi yang tepat guna untuk mengetahui lokasi penangkapan ikan, cuaca, gelombang, perkiraan BBM dalam sekali trip penangkapan dan juga info harga jual ikan. 

Dari situ, kata dia, nelayan dapat mengoptimalkan setiap trip penangkapan ikan dengan baik serta menambah potensi penghasilan mereka 

"Dalam era industri 4.0, segala sektor tidak lepas dari kemajuan teknologi. Teknologi mendorong peningkatan produktivitas dan memudahkan nelayan dalam melakukan penangkapan ikan," terang Wijayanto.

Tidak hanya itu, Kominfo juga memberikan pelatihan penggunaan aplikasi kepada 100 nelayan yang ada di sekitaran Larantuka.

Kegiatan pelatihan tersebut digelar di Ball Room Hotel Asa Larantuka dengan menghadirkan beberapa stakeholder yang ada seperti Kementerian KKP, stratup FishOn, dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Flores Timur.

Wijayanto lebih jauh menerangkan, dengan adanya program tersebut, diharapkan nelayan yang bergabung akan menjadi nelayan yang produktif dengan tingkat efektifitas yang tinggi serta bisa menghasilkan ikan yang berkualitas terbaik dengan nilai jual yang mumpuni.

Program ini, katanya, dapat menjadi pilot project yang diharapkan bisa berlanjut hingga membentuk ekosistem perikanan tangkap yang menghasilkan produk terbaik dan sustainability serta bisa membantu mensejahterakan nelayan-nelayan kecil.

Kordinator FishOn NTT Yovani Maria Renya Rosari mengatakan kegiatan tersebut sangat membantu para nelayan untuk meningkatkan efisiensi mereka pada saat melaut, juga produktivitas mereka untuk menangkap ikan serta kepastian mereka mendapatkan harga yang lebih baik. 

"Dengan kehadiran pemerintah, diharapkan semoga rantai pasok akan terjaga dengan baik ke depannya," kata Vonny Francis.

Yovani Maria Renya Rosari mengatakan aplikasi Startup FishOn akan diperkuat dengan fitur-fitur lain agar mempermudah nelayan saat melaut.

"Dari 100 nelayan bisa mengajarkan kepada yang lain, dan target kami untuk Flores Timur 5.000 nelayan," tegasnya

Plt perikanan, Anton Lebih mengatakan,  dengan kegiatan hari ini, menghantar nelayan agar lebih terampil dan punya prospek dan  harapa.

"Di sini, di sini sesungguhnya kita sungguh-sungguh ditinggikan oleh negara. Negara membimtek nelayan dan menjadikan nelayan itu bermartabat. Dan teknologi ini membantu kerja kita. Selain itu,  secara sosial ekonomi kita naik kelas," katanya.

Sementara itu, Nelayan Flores Timur, Wilhelmus Pati Niron juga angkat bicara. Ia mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut, semoga ke depan mereka lebih baik dan maju.

"Aplikasi ini dapat membantu perekonomian kami," imbuhnya serius. (OL-1)

Baca Juga

MI/Adi Kristiadi

Gempa Guncang Kota Tasikmalaya Warga Berhamburan keluar Rumah

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 04 Desember 2022, 06:46 WIB
GEMPA berkekuatan magnitudo 2,9 guncang Kota Tasikmalaya, Jawa Barat Minggu (4/12) sekitar pukul 04.34 WIB dengan kedalamam 10 km membuat...
DOK/YOUNG LIVING INDONESIA

Young Living Indonesia Sediakan Solusi Alami Essential Oil Untuk Beragam Kebutuhan

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:55 WIB
Young Living menjadi pemimpin produk essential oil di Indonesia berkat kualitas kemurnian yang...
Metro TV/Tantawi Jauhari.

Tim Amankan Delapan Pelaku Pembunuhan Polisi

👤Tantawi Jauhari 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:14 WIB
Satu per satu para pelaku dibawa menggunakan sepeda motor dari lorong permukiman padat penduduk dengan tangan diborgol serta dikawal dua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya