Minggu 25 September 2022, 18:46 WIB

Lukas Enembe Ngotot Berobat ke Singapura

MGN | Nusantara
Lukas Enembe Ngotot Berobat ke Singapura

Antara
Gubernur Papua Lukas Enembe

 

GUBERNUR Papua Lukas Enembe berencana berobat ke Singapura meski statusnya dicegah bepergian keluar negeri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Namun, KPK menolak permintaan tersebut dan mendorong Lukas berobat di Jakarta.

"Kami harus pastikan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap tersangka lebih dahulu ketika ia sudah sampai di Jakarta," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri, Minggu (25/9).

Ali mengatakan pihaknya memahami kesehatan Lukas penting karena berobat juga merupakan hak dasar manusia.

Namun, status hukum Lukas saat ini merupakan tersangka kasus dugaan korupsi yang sudah dicegah. Sehingga, izin untuk berobat ke luar negeri harus mendapatkan restu dari penegak hukum.

Ali malah berharap Lukas mau datang ke KPK untuk diperiksa sebagai tersangka kasus korupsi, Senin (26/9).

Lukas diharapkan tidak segan menggunakan fasilitas medis KPK. Ali menjelaskan sudah banyak pihak yang memanfaatkan tenaga medisnya.

"KPK juga telah memiliki tenaga medis khusus dalam melakukan pemeriksaan baik terhadap saksi ataupun tersangka yang dipanggil KPK," tandas Ali.

Terpisah, kuasa hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening meminta bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar kliennya diizinkan berobat ke Singapura.

Menurutnya, izin dari Presiden akan memudahkan pelayanan kesehatan yang akan didapatkan Lukas. Kondisi kesehatan Lukas diklaim bakal mengkhawatirkan bila tak mendapat pelayanan kesehatan yang prima

"Saya atas nama tim hukum Gubernur meminta agar Presiden Jokowi memberikan izin beliau berobat ke luar negeri dalam rangka menyelamatkan nyawa dan jiwa Pak Gubernur," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

dok.ist

Relawan Mak Ganjar di Lampung Tengah Gemakan Doa untuk Indonesia Lebih Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:53 WIB
RELAWAN Mak Ganjar bersama ribuan emak-emak menggelar doa bersama untuk Indonesia di Ponpes Al-Mansyuriah 1, Dono Arum, Seputih Agung,...
dok.ist

Ganjar : 23 SMA/SMK di Jateng Terapkan Kurikulum Antikorupsi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:42 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak pihak sekolah untuk kreatif mengajarkan pendidikan antikorupsi. Semua mata pelajaran...
DOK.MI

Polisi Tangkap Buronan Kasus Pembunuhan di Diskotek Palembang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:42 WIB
Tersangka Anton Sujarwo ditangkap personel Unit Reskrim Polsek Sukarame, Selasa (29/11) di rumahnya, setelah delapan bulan melarikan diri...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya