Jumat 16 September 2022, 16:11 WIB

Jadi Tuan Rumah PON 2028 Bersama NTB, NTT akan Bangun Stadion Megah

Palce Amalo | Nusantara
Jadi Tuan Rumah PON 2028 Bersama NTB, NTT akan Bangun Stadion Megah

ANTARA/Kornelis Kaha
Komandan Lanudal Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin memberikan instruksi kepada wartawan saat memperkenalkan lapangan panahan, Kamis (18/8).

 

PROVINSI Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) telah ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII 2028.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi menyebutkan penetapan NTT dan NTB sebagai tuan rumah PON dalam Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI, awal pekan ini.

"Saat Musornaslub itu ada agenda penetapan tuan rumah PON 2028, dan puji Tuhan, NTT dan NTB ditetapkan jadi tuan rumah," kata Josef Nae Soi dalam keterangannya di Kupang, Jumat (16/9).

Menurut Josef, Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keppres tentang penepatan tuan rumah PON yang diikuti dengan alokasi anggaran dari APBN, dan dari APBD.


Baca juga: Satu Meninggal dalam Kebakaran KMP Sabuk Nusantara


Penetapan tuan rumah PON ini baru permulaan, karena selanjutnya, lanjut Josef, dalam enam tahun ke depan, NTT harus mulai mempersiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik, mempersiapkan akomodasi, venue sesuai dengan standar internasional, atlet, serta membangun stadion yang akan dimanfaatkan untuk upacara pembukaan.

"Untuk acara pembukaan PON 2028, kami sudah sepakat di NTT," ujarnya.

Namun, untuk pembangunan venue, kata dia, harus disertifikasi International Olympic Committee (IOC) sehingga jika ada atlet yang
memecahkan rekor dunia akan dicatat.

Josef mengatakan, sekitar 60 cabang olahraga akan dipertandingkan pada PON 2028 sama seperti PON sebelumnya di Medan dan Aceh. Ada beberapa cabang olahraga yang berpeluang bagi atlet NTT merebut medali emas seperti taekwondo, atletik, dan tinju.

Adapun venue yang ada di NTT saat ini sudah diperiksa oleh KONI Pusat dan menurut Josef, venue tersebut sudah memenuhi 30% dari persyaratan yang ditentukan KONI.

"Tentu kita juga mempersiapkan stadion yang lebih besar untuk upacara pembukaan," ujarnya. (OL-16)

 

Baca Juga

Dok. DPR RFI

Cegah Penambangan Ilegal, Legislator Dorong Wilayah Tambang Rakyat di Babel

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:35 WIB
"Kami terus memperjuangkan legalitas tambang masyarakat ini, baik itu dari teknis menambang sesuai dengan K3 dan legalitas untuk...
Dok.Ist

Toba Pulp Lestari Dukung Sport Tourism Danau Toba

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:27 WIB
Pengembangan destinasi wisata memerlukan pilar 3A + 3K, yakni Akses, Amenitas, Atraksi, serta Komitmen, Kreativitas, dan...
Dok. DPR RI

Pemberantasan Perjudian oleh Polda Sumut Diapresiasi Komisi III DPR RI

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 26 September 2022, 08:05 WIB
Menurutnya gerak cepat Polda Sumut tanpa harus menunggu arahan dari Kapolri untuk memberantas perjudian, adalah sebuah langkah yang bagus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya