Sabtu 10 September 2022, 17:42 WIB

KPAI Semarang Minta Pelaku Pencabulan Di Batang Dihukum Berat

Akhmad Safuan | Nusantara
KPAI Semarang Minta Pelaku Pencabulan Di Batang Dihukum Berat

DOK MI
Ilustrasi

 

KASUS pencabulan terhadap puluhan siswi oleh seorang guru agama di sebuah SMP di Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah mendapat kecaman keras dari Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Semarang. Pelaku diminta mendapatkan hukuman berat.

Hal itu diungkapkan Ketua Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Semarang John Richard Latuihamalo. "Kebiri itu ada di undang-undang, mengapa tidak diterapkan," ujarnya.

Ia mengatakan kejahatan seksual itu sangat memprihatinkan. Faktor penyebab kejahatan extraordinary seperti pencabulan ini terus berulang karena ancaman hukuman yang terlalu ringan sehingga pelaku kejahatan seksual tidak takut perbuatan bejatnya.

Ia mengatakan undang-undang sebenarnya sudah mengatur hukuman yang dapat membuat pelaku jera seperti hukuman kebiri. Namun sejauh ini penegak hukum seperti tidak berani menerapkan hukuman tersebut karena banyak pertimbangan diantaranya HAM.

"Padahal jika dilihat kasus pemerkosaan tersebut para pelaku tidak menghargai hak azasi korban, bahkan merusak masa depan korban," kata John Richard Latuihamalo.

Menindaklanjuti kasus yang terjadi tersebut, ungkap John Richard Latuihamalo, diminta agar penegak hukum dapat memberikan hukuman paling berat, hal ini agar kasus serupa tidak lagi terjadi. (OL-15)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya