Sabtu 10 September 2022, 17:33 WIB

Longsor Brebes Tutup Akses, Warga Berputar lewat Jalan Provinsi

Supardji Rasban | Nusantara
Longsor Brebes Tutup Akses, Warga Berputar lewat Jalan Provinsi

MI/Supardji Rasban.
Warga dibantu petugas BPBD Kabupaten Brebes sedang berupaya mengeruk longsoran tanah yang menutup badan jalan di Desa Manggis.

 

HUJAN yang terus mengguyur di wilayah Brebes selatan, Jawa Tengah, mengakibatkan jalan kabupaten terputus. Warga pun harus memutar melalui jalan provinsi, jika hendak beraktivitas keluar.

Hingga Sabtu (10/9) sore, warga dibantu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes masih bergotong royong menyingkirkan longsoran tanah yag menutup akses jalan. Beruntung, tida ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor ini.

Jalan yang terputus itu menghubungkan Desa Manggis dengan Desa Mlayang, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Material longsor menutup jalan sepanjang 60 meter dengan ketebalan antara satu hingga tiga meter. 

Akibatnya, jalan tidak dapat dilintasi kendaraan dan pejalan kaki. Bagian yang longsor merupakan tebing setinggi lima meter dengan bagian atasnya lahan pertanian warga.

Kondisi di lokasi tampak material longsor berupa tanah, batu, wadas, serta pohon-pohon yang tumbang menutup badan jalan. Timbunan material longsor yang tebal membuat beberapa warga setempat yang melakukan kerja bakti hanya mampu membersihkan di bagian pinggiran.

Baca juga: Mobil Masuk Jurang di Kawasan Bromo, Dua Tewas

Petugas BPBD Kabupaten Brebes, Budi Sujatmiko, menuturkan bencana longsor yang menutup jalan telah dilaporkan ke kantor Kecamatan Sirampog untuk diteruskan ke Pemkab Brebes. "Yang kami butuhkan bantuan terutama alat berat untuk membersihkan material longsor yang tebal menutup badan jalan," ujar Budi.

Budi meminta agar pihak DPU Brebes segera mengirim alat berat karena longsoran tanah yang menutup akses jalan sangat banyak. "Kalau hanya dengan manual tenaga manusia tanpa alat berat, bisa memakan waktu lama," terang Budi. Akibat tertutup longsor, kendaraan yang akan menuju Desa Mlayang harus berputar melalui jalan provinsi ruas Bumiayu-Sirampog. (OL-14)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya