Minggu 28 Agustus 2022, 17:43 WIB

Sowan ke Sepuh Pahawang, Sandiaga Gali Kearifan Lokal dan Rencana Pengembangan Wisata Pulau Pahawang

Mediaindonesia.com | Nusantara
Sowan ke Sepuh Pahawang, Sandiaga Gali Kearifan Lokal dan Rencana Pengembangan Wisata Pulau Pahawang

Dok, Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno menemui sesepuh Pulau Pahawang, Lampung, Barnawi

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkunjung ke Pulau Pahawang, Lampung. Sandiaga menemui sepuh bernama Barmawi yang telah berusia 77 tahun.

Sandiaga berbicang-bincang soal sejarah Pulau Pahawang yang menjadi tempat kelahiran Barmawi. Sandiaga juga memberikan alat semprot pestisida ke Barmawi yang sehari-hari biasa berkebun.

"Saya ingin menggali lebih banyak dari kakek Barmawi ini tentang Pulau Pahawang," ujar Sandiaga Uno di Desa Wisata Pulau Pahawang, Marga Punduh, Pesawaran, Lampung, Minggu (28/8).

"Ternyata di sini saya temukan sebuah transformasi masyarakat pertanian menuju masyarakat yang mengandalkan pariwisata, jadi ekonomi ekstraktif sekarang ditopang oleh ekonomi kreatif," lanjut Sandiaga.

Baca juga : Teman Sandi Gelar Deklarasi dan Perlombaan di Tuban

Sandiaga menjelaskan, setiap pembangunan yang ada harus tetap merangkul masyarakat setempat. Dia pun memberikan contoh soal pariwisata yang berbasis masyarakat.

"Jadi seandainya kita mengembangkan pola homestay, bukan semuanya digantikan oleh resort-resort besar, tapi di pusat-pusat pariwisata itu mengandalkan homestay, mengandalkan sarana hunian pariwisata milik masyarakat, makanannya, kerajinannya juga dibeli oleh para wisatawan," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga memberikan sejumlah uang tunai Barmawi. Sebab Kakek Barmawi memberikan cenderamata berupa minatur masjid dari bata, namun Sandiaga justru ingin membelinya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya