Kamis 25 Agustus 2022, 23:10 WIB

Pemkot Malang Gerak Cepat Tangani Kemiskinan Ekstrem

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Malang Gerak Cepat Tangani Kemiskinan Ekstrem

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota Malang, Jawa Timur bergerak cepat menangani kemiskinan ekstrem yang ada. Temuan warga miskin ekstrem tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat kunjungan kerja di Tanjungrejo, Kota Malang.

Muhadjir mengaku kaget menjumpai warga miskin yang masuk kerak kemiskinan ini bermukim di bantaran kali. Terkait hal itu, Pemkot Malang menyatakan sudah bertindak dengan melakukan program pengentasan kemiskinan dan bantuan.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko akrab disapa Bung Edi seusai menerima masukan dari Bappeda Kota Malang, Kamis (25/8), menyatakan program pengentasan kemiskinan sudah berjalan. "Karena fokusnya kemiskinan ekstrem yang artinya masuk di kerak kemiskinan, maka intervensi program adalah pemberian bantuan, bukan pemberdayaan," tegas Bung Edi.

Ia menyatakan program pengentasan kemiskinan dengan meningkatkan akses pelayanan dasar masyarakat prasejahtera melalui pemberian bantuan iuran BPJS. Selain itu, Pemkot Malang memberikan bantuan kebutuhan pokok melalui bantuan pangan nontunai.

Sedangkan untuk ketepatan sasaran, Pemkot Malang menyiapkan penyusunan data base kesejahteraan sosial. Hal itu diperlukan guna identifikasi  kebutuhan masyarakat prasejahtera berdasarkan nama, alamat dan kebutuhan. Dengan begitu program dan kegiatan dalam pengentasan  kemiskinan bisa lebih tepat sasaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Nur Widianto menyatakan bantuan sosial digulirkan kepada warga miskin yang sudah tidak memungkinkan diberikan pola bantuan bersifat stimulus guna meningkatkan taraf hidup.

Warga miskin ekstrem itu, lanjutnya, ada yang bermukim di bantaran kali. "Pola bantuan pure bantuan sosial untuk menyambung hidup sehari-hari di antaranya melalui program rantang kasih yakni kebutuhan untuk makan sehari-hari," ujarnya. (OL-15)

 

Baca Juga

AFP/Timur Matahari

Dinkes Sumut Laporkan Kasus Harian Covid-19 Bertambah 16 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 01:05 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara melaporkan kasus harian covid-19 di daerah tersebut bertambah sebanyak 16 orang pada...
MI/M Taufan SP Bustan

Melawan Paham dan Aksi Ekstrimisme Melalui Film

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 23:50 WIB
Cerita dalam film ini adalah salah satu fakta yang ada pasca KSB Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah eksis...
Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya