Selasa 23 Agustus 2022, 11:19 WIB

Festival Wiwit Tembakau dan Kopi di Temanggung Dorong Kebangkitan UMKM

Mediaindonesia.com | Nusantara
Festival Wiwit Tembakau dan Kopi di Temanggung Dorong Kebangkitan UMKM

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Ilustrasi

 

Gelar UMKM pada kegiatan Festival Wiwit Tembakau dan Kopi di Temanggung pada 19-21 Agustus 2022 telah mendorong kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah ini.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono di Temanggung, Selasa, menyampaikan kegiatan ini menjadi motivasi bagi pelaku UMKM di Kabupaten Temanggung setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Ia menyampaikan dalam festival tersebut UMKM di Temanggung digerakkan untuk mengikuti dan mendukung kegiatan wiwit tembakau dan kopi yang dilaksanakan selama tiga hari diikuti oleh UMKM makanan tradisional dan kerajinan, UMKM kopi, tembakau lembutan, dan pedagang keliling.

Entargo menyebutkan UMKM makanan dan kerajinan serta pedagang keliling yang berpartisipasi pada kegiatan tersebut sebanyak 195 pelaku UMKM dan dari UMKM kopi tercatat 36 peserta dan tembakau lembutan enam peserta.

Omset penjualan pada kegiatan tersebut cukup besar, yakni selama tiga hari mencapai Rp219.418.000 untuk zona I yang memang menjadi pusat dari kegiatan UMKM center di Alun-Alun Temanggung.

Kemudian di zona II yang menjadi penyangga juga cukup memberikan kontribusi bagi para pelaku UMKM di sekitar alun-alun, yakni di Jalan MT. Haryono sebesar Rp215 juta, Taman Pengayoman dan para pedagang kaki lima sebesar Rp105 juta.

"Total perputaran uang selama Festival Wiwit Tembakau dan Kopi sebesar Rp539.418.000," katanya.

Ia berharap di masa mendatang semakin banyak UMKM yang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Selain melakukan tradisi tahunan wiwit tembakau dan kopi, festival ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat karena menyajikan berbagai kesenian tradisional, dan juga menjadi berkah bagi pelaku UMKM," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

 MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Imunisasi Polio Tahap II di Pidie Dimulai 30 Januari

👤Amiruddin A.R 🕔Kamis 02 Februari 2023, 09:05 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, semakin gencar melakukan imunisasi polio terhadap anak-anak di seluruh kawasan...
dok.Ist

PAPDESI Gelar Musyawarah Daerah di Kabupaten Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 08:30 WIB
PERKUMPULAN Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) menggelar kegiatan Musyawarah Daerah bersama ratusan kepala daerah di...
MI/HO

Tanggani Inflasi, Pemkab Mubar Bakal Gelar Pasar Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:55 WIB
PEMKAB Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan dalam penanganan inflasi daerah di awal 2023. Salah satunya ialah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya