Kamis 18 Agustus 2022, 16:55 WIB

Lomba Makan Pempek Terbanyak di Palembang Meriahkan HUT RI

Dwi Apriani | Nusantara
Lomba Makan Pempek Terbanyak di Palembang Meriahkan HUT RI

MI/DWI A
Para peserta lomba makan pempek terbanyak di Kota Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (18/8). Lomba berlangsung selama tiga hari.

 

SEBAGAI upaya menyemarakkan hari ulang tahun ke-77 kemerdekaan RI, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatra Selatan, menggelar lomba makan pempek terbanyak. Kegiatan ini melibatkan sembilan agen pempek di Palembang.

Kegiatan lomba makan pempek ini merupakan pertama kalinya di Palembang. Staf Ahli Wali Kota Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Investasi Kota Palembang, Letizia, mengatakan kegiatan ini belum pernah ada di Kota Palembang, apalagi dengan skala yang besar seperti ini.

Namun, melihat antusias masyarakat yang sangat besar, pihaknya memastikan akan menggelar kegiatan serupa di tahun mendatang. Ini merupakan lomba makan pempek sepuasnya.

"Sebelumnya belum pernah ada. Antusiasnya sangat besar apalagi kita pasca pandemi. Kegiatan ini akan kita kembangkan lagi," ujar Letizia, Kamis (18/8).

Camat Seberang Ulu I, Mukhtiar, mengatakan, Palembang dikenal dengan pempeknya. Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerja sama dengan sembilan agen pempek dan juga didukung oleh instansi terkait.


Baca juga: Desa Tibubeneng Dukung Road to KTT G20 Bali lewat Atlas Beach Fest


"Jadi sampai sekarang tercatat ada 400 peserta, namun karena diselenggarakan sampai tiga hari ke depan, maka kemungkinan peserta akan terus bertambah. Pesertanya adalah masyarakat setempat. Satu peserta akan diberikan 40 buah pempek dan harus dihabiskan dalam 7 menit," jelasnya.

Pemenang akan mendapat hadiah uang tunai dan piala. Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan, kegiatan besar ini adalah pertama kalinya.

"Ini harus konsisten digelar setiap tahun di Palembang karena pempek adalah makanan khas Palembang yang sangat identik dengan kita," jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya antusias yang besar seperti ini akan mendongkrak pemerintah kota agar kegiatan serupa bisa digelar lebih besar lagi.

"Selain dijadikan lomba, pempek juga bisa kita kenalkan lebih meluas. Apalagi kita sedang berusaha mensosialisasikan pempek sampai luar Sumsel. Belum lama ini, kita kenalkan pempek di Tangerang dan Bali. Kita sedang berupaya mendaftarkan pempek jadi warisan dunia," jelasnya.

Tak hanya itu, dengan lomba seperti ini akan sangat berdampak pada ekonomi kreatif para produsen atau agen pempek. Sebab mereka bisa dilibatkan dalam menyediakan pempek dalam skala besar. (OL-16)

Baca Juga

dok.ist

400 Petani Milenial, Kementan Apresiasi Komitmen Pemkab Ogan Ilir

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 06 Desember 2022, 10:15 WIB
SEBANYAK 400 petani milenial pada 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dikukuhkan, Senin...
MI/Reza Sunarya

Truk Boks Terjun ke Jurang, Sopir dan 2 Penumpangnya Wafat

👤Adi Kristiadi 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:35 WIB
SATU truk boks nomor polisi B 9845 KQB bermuatan limbah oli mengalami kecelakaan tunggal masuk jurang sedalam 100 meter, di kawasan...
dok.ist

Relawan Mak Ganjar Jateng Bantu Penyintas Banjir di Kabupaten Pati

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 06 Desember 2022, 09:30 WIB
BANJIR bandang yang menerjang Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah pada Rabu (30/11/2022) malam, berdampak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya