Kamis 11 Agustus 2022, 17:31 WIB

389 Anggota JI Aceh Tamiang Kembali ke Pangkuan NKRI

Mujiburrahman (MGN), Muhardi (SB) | Nusantara
 

SEBANYAK 389 anggota Jamaah Islamiyah (JI) di Aceh Tamiang kembali ke pelukan NKRI dengan mencabut baiat dan melakukan ikrar kesetiaan kepada 'Merah Putih' dan Pancasila. Kegiatan ini berlangsung di Gedung DPRK Aceh Tamiang pada Kamis (11/8/2022). 

Ketua Da’i Aceh Tamiang Mustaqim berharap pencabutan baiat tersebut dapat menghapus kesan Aceh Tamiang sebagai kampung Teroris. "Dengan adanya pencabutan bai'at JI yang telah berkembang di Aceh Tamiang, semoga dapat menghapus kesan di masyarakat. Bahwa Aceh Tamiang bukan kampung teroris," ujar Mustaqim.

Warga yang sudah melepaskan baiat merupakan anggota dan simpatisan Jamaah Islamiyah dari tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang. Selain melakukan penandatanganan ikrar setia kepada NKRI, mereka memberikan hormat dan mencium bendera Merah Putih.

Mustaqim menuturkan para mantan anggota JI itu tidak lagi tersandera baiat dan kini menjadi manusia bebas yang tidak terbelenggu. "Ke depan pendampingannya, mereka dianggap sebagai masyarakat yang bebas, yang menaati semua aturan-aturan di negara kita dan pastinya mengakui kebinekaan tunggal ika," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakadensus 88 Mabes Polri Brigjen Sentot Prasetyo, Dir Cegah Densus 88 Mabes Polri Brigjen Tubagus, Kapolres Aceh Tamiang AKB Imam Asfali, Dandim 0117/ Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, unsur forkopimda, tokoh masyarakat, dan tokoh agama serta perwakilan elemen masyarakat lainnya. (Mhd/A-3)

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Begini Kronologi Insiden di Kanjuruhan Versi Aremania Korwil Bantur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:21 WIB
Setelah terjadi aksi dari dua suporter tersebut, kemudian memicu pendukung lainnya untuk memasuki area...
ANTARA/HO/POLRES TAPUT

Bantuan Kemanusiaan Mengalir ke Wilayah Terdampak Gempa di Taput

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:00 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya telah menyalurkan ratusan paket bantuan kemanusiaan ke Tapanuli Utara...
MI/Januari Hutabarat

BNPB Sebut 962 Rumah Rusak Akibat Gempa Tapanuli Utara

👤Januari Hutabarat 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:51 WIB
BNPB juga mengirimkan personel guna dukungan kaji cepat dan akan memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) yang akan diserahkan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya