Rabu 10 Agustus 2022, 20:53 WIB

AAJI Gelar Literasi Keuangan dan Asuransi bagi UMKM di Bali

Ruta Suryana | Nusantara
 

ASOSIASI Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) kembali menyelenggaakan Top Agent Awards 2022 di Bali. Perhelatan yang mengangkat tema "Anugerah Insan Berprestasi" ini digelar selama tiga hari yang dimulai di Desa Taro Kabupaten Gianyar Rabu (10/8), dan dilanjutkan di Nusa Dua pada hari kedua dan ketiga.     
 
Kegiatan di Desa Taro adalah Seremonial Industry Social Responsibility (ISR) dan Literasi Keuangan dan Asuransi dengan tema "UMKM Naik Kelas, Siap Bersaing di Pasar Global'. Tahun ini, AAJI melakukan perbaikan bangunan Sentra UMKM. Sedangkan untuk materi literasi keuangan dan asuransi, mencakup pelatihan kreatif branding UMKM Perdesaan, pelatihan literasi keuangan dan asuransi, serta seremonial pembukaan unit bisnis galeri dan UMKM.

Ketua Dewan Pengurus AAJI, Budi Tampubolon mengatakan kegiatan yang digelar di Desa Taro ini sebagai salah satu wujud nyata industri asuransi jiwa dalam memberikan kembali kepada masyarakat di luar pemegang polis.  

"Jadi bentuk yang bisa kami berikan adalah literasi keuangan agar masyarakat semakin paham bahwa uang harus dikelola dengan baik. Sedangkan Literasi asuransi adalah beberapa risiko bisa diproteksi dan masa depan bisa direncanakan. Kami bekerja sama dengan UMKM, dengan harapan memberi manfaat," ujar Budi Tampubolon kepada wartawan usai meresmikan BUMDes Sarwada Amertha Desa Taro.

Sementara itu Perbekel (Kepala Desa) Taro, I Wayan Warka mengakui literasi atau pelatihan bantuan dari AAJI itu sangat dirasakan manfaatnya oleh pelaku UMKM yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT), termasuk kalangan remajanya.

Hal ini terbukti setelah mengikuti pelatihan selama hampir satu bulan yang difasilitasi Forum Komunikasi Destinasi Wisata Bali (Forum Dewi), para peserta sudah bisa melakukan pengemasan produk terstandar baik dan dapat bertahan lama. Sejumlah ahli baik di bidang digital, pengemasan maupun pemasaran turut dihadirkan dalam literasi tersebut.

"Setelah mengikuti literasi selama sebulan mereka sudah bisa mengemas produk dengan bagus," ujar Warka.

baca juga: Tangkal Risiko Bisnis tak Terduka, UMKM Diimbau Miliki Asuransi Sebagai Proteksi

Ia optimistis kemasan produk-produk oleh warganya itu akan mampu bersaing di pasar lokal maupun nasional.  

Rangkaian kegiatan Top Agent Awards ke-35 akan dilaksanakan selama tiga hari di Bali. Pada hari kedua, Kamis (11/8) akan dilaksanakan seminar motivasi (Convention), dan pada hari ketiga, Jumat (12/8) akan dilaksanakan pemberian penghargaan pada acara Awarding Night (Gala Dinner). Dalam acara itu para tenaga pemasar asuransi jiwa terbaik di industri asuransi jiwa akan bertanding memperebutkan gelar Top Agent of The Year Tahun 2021. (N-1)

 

 

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Digital Hub Gandeng Lima Universitas di Pulau Sumatra  

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:57 WIB
Kali ini, perusahaan kembali menggelar acara tersebut dengan nama baru yakni DNA Goes to Campus yang hadir untuk memberikan edukasi seputar...
DOK.MI

Tim SAR Temukan WNA asal Jerman Terseret Ombak di Pantai Seminyak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:35 WIB
Awalnya korban bersama empat temannya Suen Julian, Hana Saves, Eiwert Laura Marie, dan Lappe Theresa yang juga sama-sama dari Jerman...
ANTARA/Aswaddy Hamid

Imigrasi Pekanbaru Amankan 75 WN Bangladesh

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:27 WIB
Pengamanan WN Bangladesh tersebut diduga akibat penyalahgunaan izin tinggal, kata Kakanwil Kemenkumham...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya