Senin 08 Agustus 2022, 13:38 WIB

Sempat Menghilang, Titik Panas Kembali Terdeteksi di Babel

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Sempat Menghilang, Titik Panas Kembali Terdeteksi di Babel

MI/Rendy Ferdiansyah
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa

 

HUJAN yang mengguyur Bangka Belitung (Babel) belum lama ini sempat menghilangkan titik panas atau hotspot, namun saat ini titik panas yang diduga ada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut kembali terpantau satelit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan, Berdasarkan pantauan satelit ada sembilan titik panas.

Seluruh titik panas tersebut tersebar di tiga Kabupaten. Yakni Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah masing-masing tiga titik.

"Bangka tengah titik panas ada di koba dan Bangka Tengah, Bangka Barat di kelapa dan simpang teritip, sedangkan di Bangka selatan ada di Payung dan simpang rimba," kata Mikron,Senin (8/8).

Untuk tingkat akurasi menurutnya, diangka delapan yang mengarah kemungkinam besar adanya Karhutla," ujarnya.

Pihaknya sudah meminta Tim Reaksi Cepat BPBD di Kabupaten tersebut untuk melakukan pemantauan sekaligus tindakan pemadaman jika memang itu karhutla.  "Memang itu mengarah karhutla tapi kita harus cek kebenaranya,"ungkap dia

Ia menambahkan mengingat kondisi cuaca panas dan angin kencang saat ini pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada. Dan jangan membuka kebun dengan cara membakar lahan atau hutan karena berbahaya.

"Tidak boleh dengan cara membakar, jika itu di lakukan dan kedapatan kita akan tindak tegas hingga ke sanksi hukum pidana,"tegasnya.(OL-13)

Baca Juga: Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus, Ribuan Warga Berburu Nasi Jangrik

Baca Juga

DOK MI

Ribuan UMKM Tumbuh Di Lamongan Selama Pandemi Covid-19

👤M Yakub 🕔Jumat 30 September 2022, 22:28 WIB
PEMKAB Lamongan, Jawa Timur menyatakan sebanyak 3.015 pengusaha di wilayahnya memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Sistem Online...
Dok. KEIND

Menkominfo, Menparekraf, dan Gubernur Jateng akan Hadir di Rakernas Perdana KEIND di Solo

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:02 WIB
Rapat Kerja yang juga dibarengi dengan acara Entrepreneur Summit ini telah mengundang lebih dari 3.000 UMKM dari seluruh Indonesia yang...
DOK Pribadi.

Rumah Pejuang Kanker Peroleh Bantuan Sicepat dan Indonesia Bisa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:00 WIB
Rumah Pejuang Kanker Ambu yang berdiri sejak 2009 terus berkembang sehingga kini yayasan itu memiliki empat rumah kanker di Jalan Bijaksana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya