Rabu 20 Juli 2022, 22:15 WIB

Inaspoc Siapkan 2.600 Wayang Kulit Rajamala Jadi Suvenir APG XI 2022

Widjajadi | Nusantara
Inaspoc Siapkan 2.600 Wayang Kulit Rajamala Jadi Suvenir APG XI 2022

MI/WIDJAJADI
Proses pembuatan wayang di Sanggar Wayang Gogon, Solo

 


WAYANG kulit Rajamala akan menjadi kenang-kenangan bagi para atlet dan ofisial ASEAN Para Games XI 2022 di Surakarta, Jawa Tengah. Panitia menyiapkan 2.600 wayang.

Saat ini, wayang dalam proses pembuatan oleh UKM Sanggar Wayang Gogon di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres. Diproduksi sejak 16 Juli seluruh wayang ditargetkan tuntas dibuat pada 26 Juli.

Pemilik Sanggar Wayang Gogon, Margono menyatakan 26 Juli seluruh pesanan sudah harus selesai dan dikirim. "Ini kerja lembur, melibatkan 90 perajin," ujarnya di sanggar kerjanya, Rabu ( 20/7).

Margono mengaku, jauh sebelum dipercaya membuat seni kriya Rajamala, sanggar wayang yang dikelolanya juga sudah mendapatkan pesanan suvenir untuk acara G 20 pada Februari lalu.

"Rajamala dipilih sebagai maskot APG, dan pemesanan sejumlah 2.600 wayang kulit mini Rajamala untuk buah tangan. Awalnya ada 15 sampel wayang kulit termasuk jenis kulit dan kayu yang kita tawarkan. Sampai akhirnya dipilih wayang kulit Rajamala klasik," imbuhnya.

Bahan baku Rajamala berasal dari kulit kerbau, sapi, dan domba. Desain, tatah, pewarnaan sunggingan, dam pengemasan dilakukan Margono.

"Kesulitan teknis tak ada. Semua lancar. Kami optimistis produksi selesai tepat waktu," katanya.

Rajamala dalam cerita pewayangan adalah sosok senopati handal yang tidak bisa dikalahkan. Jika terbunuh Rajamala terjun ke air atau kena air maka akan hidup lagi. Bagi sebagian masyarakat yang percaya, sosok Rajamala sebagai tolak balak. (N-2)

Baca Juga

DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...
Medcom

Nakes Di Buleleng Segera Jalani Vaksinasi Dosis Booster Kedua

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:55 WIB
TENAGA kesehatan (nakes) kembali mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, Bali yang menjadi garda terdepan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya