Rabu 13 Juli 2022, 21:07 WIB

Progres Revitalisasi Benteng Pendem Ngawi Capai 90,2 Persen

mediaindonesia.com | Nusantara
Progres Revitalisasi Benteng Pendem Ngawi Capai 90,2 Persen

ANTARA FOTO
Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

 

KEPALA Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PUPR Jawa Timur M Reva Sastrodiningrat menyampaikan progres restorasi atau revitalisasi bangunan cagar budaya Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mencapai 90,2%.

"Progres revitalisasi Benteng Pendem Ngawi hingga Juli 2022 ini sudah masuk tahap penyelesaian, yakni mencapai 90,2%. Kami menargetkan pengerjaan proyek ini bisa selesai sebelum masa kontrak berakhir pada Januari 2023 sehingga bisa segera dimanfaatkan masyarakat sebagai lokasi wisata heritage," ujar Reva Sastrodiningrat di Ngawi, Jatim, Rabu (13/7).

Menurut dia, meski secara umum telah melebihi target, namun dalam tahap pengerjaan, terdapat beberapa item terberat yang dihadapi. Tim dalam proses pengerjaan revitalisasi tersebut harus berhati-hati sesuai ketentuan dan peraturan karena Benteng Pendem Ngawi tersebut merupakan bangunan cagar budaya.

Selama proses revitalisasi pihaknya juga menggandeng tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. Adapun pada tahap finishing, hal yang dikerjakan antara lain, kelistrikan, penataan halaman depan, dan landscape.

Sesuai rencana, peresmian bangunan cagar budaya Benteng Pendem Ngawi yang direvitalisasi tersebut akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada Oktober.

Baca juga: Menyulap Benteng Belanda Menjadi Vila Modern di Puncak Tahura

Restorasi Benteng Pendem Ngawi masuk dalam turunan proyek strategis nasional untuk menjadi salah satu destinasi wisata berskala nasional dan internasional.

Hal itu setelah Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Benteng Pendem Ngawi pada Februari 2019 dan melihat potensi salah satu aset negara itu.

Restorasi Benteng Pendem Ngawi menyedot anggaran Kementerian PUPR senilai Rp113,7 miliar dan proyek tersebut dikerjakan selama 26 bulan atau maksimal hingga Januari 2023 oleh BUMN PT Nindya Karya (Persero).

Adapun tujuan dari restorasi tersebut selain untuk melestarikan bangunan bersejarah, juga untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah Ngawi.(Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/HO

Ulama di Cirebon Doakan Ganjar Pranowo

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 03:02 WIB
ribuan orang yang hadir juga memanjatkan doa dipimpin oleh Kyai Abdul Munif untuk Ganjar Pranowo serta harapannya bagi Indonesia yang...
DOK MI

Siswi SMP Korban Kekerasan Seksual Di Pati Dalam Tahap Pemulihan

👤Widhoroso 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:55 WIB
MENTERI Sosial Tri Rismaharini menyampaikan siswi SMP berinisial N (15 tahun) di RSUD Soewondo, Pati, Jawa Tengah yang menjadi korban...
ANTARA

Sumut Tata Situs Benteng Putri Hijau di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 00:15 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sumatera Utara melakukan penataan situs Benteng Putri Hijau sebagai upaya pelestarian cagar budaya dan pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya