Jumat 01 Juli 2022, 18:05 WIB

Sosialisasi Koleksi Museum Agar Jadi Wisata Edukasi

Lina Herlina | Nusantara
Sosialisasi Koleksi Museum Agar Jadi Wisata Edukasi

MI/USMAN ISKANDAR
Benteng Rotterdam peninggalan kolonial Belanda yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

 

MUSEUM adalah lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Museum berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan, serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.

Melalui Unit Pelaksana Tugas (UPT) Museum dan Taman Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi penyebarluasan informasi koleksi untuk membangun museum yang lebih komunikatif.

Sekretaris Dinas Provinsi Sulsel, Devo Khadafi, menjelaskan, sosialisasi digelar agar komunitas dan semua museum, dalam hal ini Museum La Galigo yang berada di dalam Benteng Rotterdam, Kota Makassar, bisa dikunjungi banyak orang.

"Kita bersinergi dengan semua pihak, untuk meningkatkan kunjungan ke museum, termasuk agar bisa menarik minat generasi muda agar mencintai museum, budaya, dan sejarah bangsanya," jelas Devo.


Baca juga: Pemkot Cirebon Genjot Sektor Pariwisata


Museum sendiri bisa menjadi pilihan lokasi wisata dengan tema wisata edukasi. Karena kata Devo, museum yang ada di Indonesia dapat dibedakan melalui beberapa jenis klasifikasi, baik berdasarkan koleksi, atau berdasarkan kedudukan atau lokasinya.

"Museum berdasar koleksi dibagi dua, yaitu umum dan khusus. Museum umum, koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu dan teknologi," kata Devo.

Sementara museum khusus, yang koleksinya terdiri atas kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu atau satu cabang teknologi.

"Kalau museum berdasarkan kedudukannya, seperti Museum Nasional, Museum Provinsi, dan Museum Lokal di tingkat kabupaten/kota, yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili, dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari suatu wilayah," seru Devo. (S-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Dewa Meriahkan Perayaan HUT ke-77 Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:55 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menginginkan perayaan ini dirasakan oleh seluruh...
MI/SUSANTO

PT Jaswita Jabar Gandeng Perbankan Siapkan Pembiayaan bagi Jemaah Umrah

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 15 Agustus 2022, 22:50 WIB
Pada tahun ini Jaswita jabar menargetkan bisa memberangkatkan hingga 8.000 jamaah...
MI/Cri Qanon Ria Dewi

Rayakan HUT RI, Tiga BUMN Gelar Program Bakti BUMN di Lampung

👤Cri Qanon Ria Dewi 🕔Senin 15 Agustus 2022, 21:45 WIB
Ketiga BUMN tersebut adalah PT Telkom, PT Bukit Asam dan PTPN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya