Rabu 18 Mei 2022, 18:20 WIB

Gubernur Sulsel Harap Kampus Shopee Makassar Naikkan Kelas UMKM

Mediaindonesia.com | Nusantara
Gubernur Sulsel Harap Kampus Shopee Makassar Naikkan Kelas UMKM

DOK Pribadi.
Melalui ekosistem bisnis digital, jutaan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk.

 

SHOPEE dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar sebagai kampus pertama di Sulawesi sekaligus yang ke-9 di Indonesia, Rabu (18/5). Kampus ini fokus untuk mempercepat pengembangan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Sulsel, khususnya Kota Makassar dan sekitarnya, melalui digitalisasi guna meningkatkan daya saing dan keterampilan bisnis digital.

Melalui ekosistem bisnis digital, jutaan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia, meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian daerah, serta memperbanyak lapangan kerja. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi inisiatif Shopee dalam menjangkau UMKM di daerahnya.

"Saya senang bahwa inisiatif dari salah satu platform e-commerce terbaik hadir di Sulawesi Selatan sebagai bentuk kepedulian untuk mendidik para UMKM, menumbuhkan semangat, membangkitkan produk-produk lokal, serta standardisasi para UMKM. Saat ini, terdapat 1,5 juta UMKM yang terdaftar di Sulawesi Selatan dan sangat penting bagi mereka untuk memiliki added value, health value, dan sertifikasi sistem sehingga produk-produk lokal juga tidak kalah dengan industri-industri besar," kata Andi. 

Kehadiran Kampus UMKM Shopee Makassar sangat membantu pihaknya dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM. Ia berharap kampus ini dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi packaging, mutu dan kualitas, serta sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas. 

Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya, menegaskan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM bagi masyarakat pegiat UMKM di Sulawesi pada umumnya, khususnya Sulsel. "Puluhan ribu UMKM di berbagai daerah telah berhasil naik kelas bersama Kampus UMKM Shopee. Karenanya, kami kembali memperluas program ini untuk menjangkau lebih banyak UMKM lokal melalui Kampus UMKM Shopee Makassar," kata Ade. 

Pihaknya juga berharap kampus ini dapat menjadi one-stop service bagi para pelaku UMKM di Sulsel agar lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi untuk perkembangan bisnis secara optimal. Perusahaan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemprov Sulsel bagi Shopee untuk turut berkontribusi bagi perkembangan perekonomian lokal.

Kampus UMKM Shopee Makassar yang terletak di Jalan AP Pettarani Nomor 49, Masale, Panakkukang, Kota Makassar, hadir dengan berbagai layanan yang dapat digunakan secara gratis. Kampus menyediakan pelatihan intensif. Pelaku UMKM dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer terdedikasi, meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi.

Baca juga: Jukung Terhantam Ombak di Perairan Benoa, Satu Pemancing Hilang

Selain itu, ada pendampingan bisnis. Trainer siap memberikan bantuan terkait administrasi dan operasional toko hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan.

Sejumlah fasilitas pun tersedia untuk pengembangan usaha. Sebut saja studio foto yang lengkap dengan peralatan pencahayaan agar UMKM dapat mengambil foto produk yang menarik. Ada pula ruang live streaming bagi UMKM yang ingin memanfaatkan fitur Shopee Live (jualan secara live streaming) untuk mempromosikan produk. Fasilitas penunjang lain yang dapat dimanfaatkan UMKM seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, dan area pameran produk. (Ant/OL-14)

Baca Juga

MI/Yose Hendra.

Rumah Rundingan, Rumah Restorasi Keadilan di Solok

👤Yose Hendra 🕔Rabu 29 Juni 2022, 20:22 WIB
Kabupaten Solok merupakan daerah yang dikenal dengan hasil berasnya dan berbagai potensi di bidang...
DOK MI

Sumut Bentuk Satgas Cegah Meluasnya Penularan PMK

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:53 WIB
GUBERNUR Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Rabu (29/6) menyatakan akan membentuk Satgas Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) karena penularan penyakit...
MI/Depi Gunawan

Waspadai Sesar Lembang, Desa Kayuambon Bentuk Relawan Tanggap Bencana

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 19:51 WIB
Sekretaris Desa Kayuambon Rohendi menyebutkan jarak dari zona sesar Lembang ke wilayahnya hanya sekitar 1 kilometer. Bila sesar itu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya