Rabu 18 Mei 2022, 14:01 WIB

Densus Tangkap 22 Orang Terlibat Terorisme di Sulteng

Mitha Meinansi | Nusantara
Densus Tangkap 22 Orang Terlibat Terorisme di Sulteng

MI/Mitha Meinansi.
Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi (kanan) saat memberi pernyataan didampingi Wakapolda Sulteng Brigjen Hery Santoso.

 

KAPOLDA Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi menyatakan 22 warga di Sulawesi Tengah diamankan dari hasil penangkapan yang 
dilakukan Detasemen Khusus 88 Antiteror. Mereka diduga terlibat jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) yang menjadi kelompok pendukung Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah.

"Rekan-rekan sekalian, Densus dibantu Polda Sulteng sudah menangkap 24 orang yang diduga akan melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya melakukan latihan di tempat yang pernah dilakukan oleh JAD sebelumnya," ujar Rudy Sufahriadi di hadapan wartawan dalam acara halalbihalal dengan awak media di Mapolda Sulteng, Rabu (18/5).

Dari 24 orang telah diamankan Densus 88 Antiteror, 22 orang merupakan warga Sulteng. Dari 22 itu, 19 orang diamankan di wilayah Kabupaten Poso dan tiga di Kabupaten Tojo Una-Una. Sementara dua orang yang diduga memiliki keterlibatan yang sama juga diamankan masing-masing di DKI Jakarta dan Kalimantan Timur. Saat ini mereka sedang menjalani penyidikan dan pendalaman oleh Densus 88 Antiteror Polri.

Baca juga: Polres Flotim Evakuasi Penumpang KM Sirimau yang Kandas di Selat Witihama

Berdasarkan hasil pengembangan Densus 88 Antiteror, keterlibatan mereka karena diketahui memiliki dan menyimpan senjata api jenis revolver, melakukan pembaharuan baiat kepada pimpinan organisasi terlarang ISIS, melakukan kegiatan idad atau pelatihan, memberikan dukungan logistik dan dana untuk kelompok MIT, melakukan persiapan untuk bergabung, serta menggunakan media sosial sebagai konten provokasi dan ajakan melakukan aksi jihad.

Sejumlah barang bukti yang diamankan yaitu senjata api revolver rakitan, amunisi kaliber 38 spesial dan 5,56 milimeter, magazine, panah, senjata tajam, handphone, dan buku-buku Daulah Islamiyah. (OL-14)

Baca Juga

MI/Mitha Meinansi

JK Resmikan Masjid Islamic Center Nurul Yaqin di Kota Palu

👤Mitha Meinansi 🕔Selasa 05 Juli 2022, 23:35 WIB
JK berharap, kehadiran Islamic Center tersebut juga bisa lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar serta bisa memaksimalkan...
Ist

Nikmati Keindahan Bukit Tompe, Ibas Dukung Pengembangan Desa Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:30 WIB
Bukit Tompe yang terletak di Desa Tamanasri pun menjadi salah satu destinasi wisata yang dipilih Edhie Baskoro Yudhoyono...
DOK/PLN

Sistem Interkoneksi Kalimantan Terganggu, Sebagian Kalsel-Kalteng Gelap Gulita

👤Denny Susanto 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:00 WIB
Gangguan sistem interkoneksi Kalimantan juga berimbas pada sistem kelistrikan Barito meliputi wilayah Kalsel dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya