Senin 16 Mei 2022, 13:00 WIB

Karhutla: Puluhan Titik Panas Muncul di Babel

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Karhutla: Puluhan Titik Panas Muncul di Babel

MI/Rendy Ferdiansyah
Karhutla di dekat perumahan hanai padang baru bangka tengahdi Sabtu (17/8)

 

PULUHAN titik panas atau hotspot yang di duga adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertebaran hampir diseluruh Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Proinsi Babel Mikron Antariks mengatakan, Babel termasuk provinsi rawan akan bencana karthula.  "Daerah kita juga sering terjadi karhutla, makanya saat kemarau ini kita harus waspada terhadap bencana satu ini," kata Mikron, kemarin (15/5).

Menurut Mikron, berdasarkan Infomasi BMKG saat ini terdeteksi satelit ada 47 titik panas yang di duga karhutla tersebar di lima Kabupaten.

"Bangka titik panas ada 20, titik terdeteksi di kecamatan Mendo Barat, Merawang, Puding besar dan Riau Silip. sedangkan Bangka Tengah 11 titik di kecamatan Koba, Pangkalanbaru dan Sungaiselan," ujarnya.

Selain itu titik panas juga berada di Kabupaten Bangka Barat sebanyak 9 titik tersebar di Kecamatan Kelapa, Muntok dan Simpan Teritip, kemudian di Bangka Selatan 4 titik di Kecamatan Simpang Rimba dan Toboali dan terakhir di Belitung 2 titik di Membalong."Titik Panas ini di dominasi di Kabupaten Bangka 20 titik,"ujarnya.

Untuk tingkat akurasi titik panas yang di duga Karhutla ini, disebutkan Mikron diangka delapan dan sembilan angka ini sudah mengarah adanya karhutla.

"Memang kalau lihat tingkat akurasinya itu karhutla, tapi untuk lebih memastikan, tim kita di dua kabupaten akan melakukan pengecekan sekaligus pemadaman, jika memang karhutla," tegasnya.

Saat musim kemarau dengan kondisi angin kencang. Pihaknya menghimbau masyarakat untuk tidak membuka kebun dengan membakar hutan dan lahan karena berbahaya.

"Selain dilarang bakar-bakar, kita juga menghimbau pengendara untuk tidak membuat putung rokok yang ada bara apinya sembarang, karena bisa  memicu karhutla,"ucap dia.(OL-13).

Baca Juga: Terdata 890 Sapi di Babel Positif PMK, Masyarakat Jangan Panik

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya