Jumat 13 Mei 2022, 09:40 WIB

Libur Lebaran, Jumlah Pelancong Kota Lama Semarang Kalahkan Borobudur

Akhmad Safuan | Nusantara
Libur Lebaran, Jumlah Pelancong Kota Lama Semarang Kalahkan Borobudur

dok.ant
Wisatawan di Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah.

 

SELAMA musim mudik lebaran lalu, jumlah kunjungan wisata di Kota Lama mengungguli Candi Borobudur Magelang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi optimis di tahun 2022 ini menjadi kebangkitan ekonomi di ibukota Jawa Tengah.

Pada saat liburan lebaran banyak dimanfaatkan pemudik untuk melancong keberbagai tempat wisata, puluhan destinasi wisats menjadi vaforit bagi warga yang pulang kampung sehingga gsmpir setiap hari dipadati pengunjung.

Namun tidak seluruh obyek wisata ramai, beberapa destinasi cukup sepi, karena selain lokasi yang cukup jauh dari jangkauan juga kurangnya promosi sehingga pemudik yang terbatas waktunya di kampung halaman lebih memilih mendatangi destinasi terdekat.

Destinasi wisata terkenal juga belum tentu menjadi sasaran pelancong, fenomena ini betul-betul terjadi selama musim liburan lebaran tahun ini, terbukti Candi Borobudur berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng masih kalah dengan Kota Lama Semarang dalam hal
jumlah pengunjung.

Data dari Disporapar Jawa Tengah tersebut mencatat selama liburan lebaran dari 23 April-10 Mei jumlah pengunjung Candi Borobudur sebanyak 153.070 pelancong sedangkan Kota Lama Semarang sebanyak 163.719 wisatawan.

Masih berdasarkan catatan Disporapar, selama liburan lebaran dari 35 daerah di Jawa Tengah, berbagai obyek wisata di Kota Semarang menjadi daerah paling diminati pengunjung hingga tercatat sebanyak 398.631 kunjungan.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengakui bahwa banyaknya pelancong berkunjung ke berbagai obyek wisata karena selama masa pandemi covid-19 Pemkot Semarang fokus kepada bidang pariwisata untuk mengungkit ekonomi daerah ini.

"Dua tahun pandemi covid-19, bidang kepariwisataan hampir disemua daerah ambruk, tahun 2022 ini saya optimis perekonomian Kota Semarang akan kembali bangkit," ujar Hendrar Prihadi.

Sehingga setelah kasus covid-19 mereda, lanjut Hendrar Prihadi, maka untuk memulihkan kembali perekonomian Pemkot Semarang fokus pada sektor kepariwisataan ini dan liburan lebaran menjadi momentum kebangkitan wisata.

Menyangkut keberhasilan Kota Lama Semarang sebagai destinasi terbanyak pengunjung, Hendrar Prihadi mengatakan setelah berbagai revitalisasi dilakan, saat ini masih dilakukan evaluasi kembali diantaranya perparkiran dan lonjakan pengunjung. "Tinggal masalah manajerial saja," imbuhnya. (OL-13)

baca juga: Kondisi Geografis Menantang, BIN Tak Surut Gencarkan Vaksinasi di Sulut

 

Baca Juga

Ist

Berbagi Ribuan Al-Qur'an di Wilayah Terpencil Sulawesi Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:32 WIB
Di TPQ Nurul Yaqin, Desa Lampenai, Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, ketika menerima bantuan Al-Qur'an,...
DOK MI

Pesta Miras Oplosn di Sleman Renggut Tiga Nyawa

👤Widhoroso 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:08 WIB
TIGA orang meninggal dunia setelah mengonsumsi minuman keras oplosan di Dusun Karongan, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten...
DOK RMU.

RMU Kelola Katingan Mentaya Project untuk Turunkan Emisi Karbon

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:40 WIB
KMP merupakan kegiatan konservasi terbesar di dunia ditinjau dari segi penurunan emisi karbonnya sebesar 7,5 juta ton CO2 per tahun selama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya