Selasa 10 Mei 2022, 20:39 WIB

Pemkab Canjur Anggarkan Rp50 Miliar Tuntaskan Proyek Jalan Sinagar-Cipelah

Benny Bastiandy | Nusantara
Pemkab Canjur Anggarkan Rp50 Miliar Tuntaskan Proyek Jalan Sinagar-Cipelah

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalokasikan anggaran hampir Rp50 miliar untuk menuntaskan penanganan ruas jalan Sinagar-Cipelah di Kecamatan Pasirkuda sepanjang hampir 20 kilometer. Penanganannya dilakukan bertahap pada 2022 sepanjang lebih kurang 1,4 kilometer dan 2023 sepanjang lebih kurang 18 kilometer.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan ruas Sinagar-Cipelah merupakan jalan poros penghubung dengan Kabupaten Bandung. Penanganannya mulai dilaksanakan tahun ini dan dituntaskan pada 2023.

"Tahun ini pun ada penanganan mulai dari Sinagar sepanjang 1 kilometer lebih dengan anggaran sekitar Rp3,5 miliar. Sisanya akan ditangani pada 2023 dengan anggaran hampir Rp50 miliar," kata Herman, Selasa (10/5).

Konstruksi pembangunan ruas jalan akan dilaksanakan dengan cara pembetonan. Untuk pelaksanaan penanganan pada 2023, kata Herman, proses lelangnya akan dilakukan akhir tahun ini. "Proses lelangnya akan dilaksanakan pada Desember 2022," terang Herman.

Herman menuturkan penanganan ruas jalan Sinagar-Cipelah sebetulnya sudah direncanakan pada 2019. Sumber pendanaannya kala itu berasal dari dana alokasi khusus (DAK) serta bantuan gubernur sebesar lebih kurang Rp50 miliar. "Namun pada saat itu kita ada wabah penyakit covid-19. Sehingga anggaran itu direfokusing untuk penanganan covid-19," jelasnya.

Kondisi pandemi covid-19 berlangsung hampir dua tahun. Karena itu, sebut Herman, Pemkab Cianjur kelabakan menangani infrastruktur jalan lantaran anggarannya harus direfokusing untuk penanganan covid-19. "Kondisi ini mungkin tak hanya dialami Kabupaten Cianjur, tapi semua daerah lainnya karena anggarannya dipakai menangani covid-19," ungkapnya.

Kini pandemi covid-19 sudah mulai melandai. Pemkab Cianjur pun mulai mengebut penanganan infrastruktur jalan yang memang harus diprioritaskan untuk diperbaiki. "Alhamdulillah, untuk 2023 kami sepakat akan menangani ruas jalan Sinagar-Cipelah dengan anggaran Rp50 miliar," ucapnya.

Anggaran penanganan ruas jalan Sinagar-Cipelah diperoleh melalui pinjaman daerah ke pihak perbankan. Pinjaman daerah dilakukan karena APBD Kabupaten Cianjur sangat terbatas.

"Kita tidak bisa mengandalkan dari APBD karena tidak ada dana. Makanya kami melakukan pinjaman daerah," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/Tosiani

Permabudi Gaungkan Perayaan Waisak Momen Perkuat Moderasi Beragama

👤Tosiani 🕔Senin 16 Mei 2022, 16:15 WIB
"Waisak telah tiba, marilah kita menggunakan kesempatan ini untuk memperkuat menjalankan moderasi beragama sesuai dengan program...
dok.Humas Pemprov Jateng

Ganjar: Selamat Waisak 2022, Rayakan dalam Damai dan Bahagia

👤Haryanto 🕔Senin 16 Mei 2022, 15:45 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menghadiri perayaan Hari Waisak 2566 BE di Candi Mendut,...
DOK MI.

Polres Karawang Ungkap Kronologi Kecelakaan Beruntun Tewaskan Tujuh Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 14:21 WIB
Mobil yang dikemudikan Deni Budiman itu secara tiba-tiba oleng ke sebelah kanan sampai menabrak median jalan dan menyeberang ke jalur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya