Selasa 10 Mei 2022, 12:15 WIB

Sinergi BIN dan Instansi terkait di DIY Berhasil Capai Vaksinasi 200% Target

Ardi T Hardi | Nusantara
Sinergi BIN dan Instansi terkait di DIY Berhasil Capai Vaksinasi 200% Target

MI/Agus Utantoro
Kegiatan vaksinasi di sejumlah titik keramaian wisata di Sleman dan Yogyakarta tetap berlanjut walaupun libur lebaran usai.

 

KEGIATAN vaksinasi di sejumlah titik keramaian wisata di Sleman dan Yogyakarta tetap berlanjut walaupun libur lebaran usai. Tepatnya di Pos Pengamanan Ops Ketupat Progo 2022 Ambarrukmo Plaza Kab. Sleman, Posko Titik Nol KM, serta di Posko Parkiran Abu Bakar Ali Kota Yogyakarta.

Kegiatan vaksinasi yang dibuka sejak pagi hingga siang ini merupakan hasil kerjasama Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarya (BIN DIY) dengan Kepolisian DIY, Dinas Kesehatan serta Pemerintah DIY.

Menurut Kepala BIN DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo, pada awalnya kegiatan vaksinasi akan digelar hanya sampai tanggal 8 Mei lalu, namun diperpanjang mengingat arus balik para pemudik ternyata mundur. Selain menyasar wisatawan yang masih terlihat di objek-objek wisata di Jogja, vaksinasi
juga menyasar masyarakat setempat. Pasalnya, masih ada masyarakat yang belum melengkapi vaksin dosis ketiga atau vaksin booster.

"Vaksinasi hingga dosis booster sangat penting, karena untuk membangun imunitas di tengah adanya mutasi virus. Apalagi saat ini varian omicron berpotensi menyebar dengan cepat. Vaksinasi ini merupakan cara paling efektif dan efisien untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus pasca libur panjang Lebaran Idul Fitri 1443 H," ujar Andry Wibowo dalam siaran persnya, Selasa (10/5).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, capaian vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah cukup tinggi bahkan untuk dosis satu dan dua sudah mencapai sekitar 200 persen dari target. "Sedangkan untuk vaksinasi dosis penguat atau booster mencapai sekitar 76 persen," tambahnya.

Lebih lanjut, Emma menuturkan untuk jenis vaksinasi disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang dimiliki Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.

Selain di dua gerai yang dibuka tersebut, layanan vaksinasi dosis penguat atau booster juga dibuka di puskesmas-puskesmas di Kota Yogyakarta. "Selama libur lebaran kemarin kami juga tetap melayani di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas secara bergantian. Dan akan kami lanjutkan demi menuntaskan program vaksinasi nasional," tandasnya. (OL-13)

baca juga: Songsong Pemulihan Pariwisata, BIN Terus Gencarkan Vaksinasi di Bali

 

Baca Juga

MI/ HO

Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 13:16 WIB
Infrastruktur ini berupa cold storage, air blast dan pabrik es, yang dibangun di Distrik Sausapor dan...
dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
Dok.Pemprov Sumbar

Gandeng Kemendagri dan ESQ, Pemprov Sumbar Luncurkan ASN BerAKHLAK

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:05 WIB
Ia berharap launching core values ini tidak hanya sampai di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya