Sabtu 30 April 2022, 14:00 WIB

48 Rumah Warga di Kabupaten Serang Terendam Banjir

Atalya Puspa | Nusantara
48 Rumah Warga di Kabupaten Serang Terendam Banjir

ANTARA
Warga melintas di jalan yang tergenang air di Desa Cingrong, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (16/3/2022).

 

BANJIR merendam tujuh kelurahan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi pada Rabu (27/4) pukul 18.30 waktu setempat.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengungkapkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang melakukan asesmen dan melaporkan sebanyak dua rumah rusak berat akibat peristiwa ini. Adapun banjir dengan tinggi muka air 20 sampai 70 sentimeter tersebut turut merendam 48 rumah warga.

Baca juga: PT Timah Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat di Lingkar Tambang

"Tujuh kelurahan terdampak banjir yang terdapat di dua kecamatan antara lain Kelurahan Banjar Sari, Serang, Lontar Baru, Cimuncang dan Kaligandu di Kecamatan Cipocok Jaya. Sedangkan di Kecamatan Taktakan meliputi Kelurahan Sepang dan Drangong," kata Abdul dalam keterangan resmi, Sabtu (30/4). 

Adapun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini per 30 April sampai 1 Mei 2022 terkait waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kota Serang, Kab. Serang bagian Tengah dan Selatan, Kab. Pandeglang bagian Utara dan Barat, Kab. Lebak bagian Utara, Tengah dan Timur, Kota Tangerang Selatan.

Kajian inaRisk menunjukan Kabupaten Serang memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 28 kecamatan.

"Untuk itu BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi," ungkap dia. 

Selain itu, jika terjadi hujan lebat lebih dari satu jam dan peningkatan debit air, perangkat daerah dan masyarakat dapat melakukan pemadaman listrik, mengamankan barang berharga di rumah dan evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Terlebih bagi warga yang melakukan mudik lebaran Idul Fitri 2022, diharapkan untuk waspada terhadap potensi bencana yang ada disekitarnya dengan memeriksa potensi bahaya bencana melalui laman inaRisk dan prakiraan cuaca melalui website BMKG. (OL-6)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Angkutan BBM Ilegal Terbakar di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:45 WIB
Ketiganya ditangkap Satreskrim Polres Muba secara terpisah di rumah...
Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya