Sabtu 30 April 2022, 13:10 WIB

PT Timah Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat di Lingkar Tambang

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
PT Timah Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat di Lingkar Tambang

MI/Rendy Ferdiansyah
Salah satu program PT Timah Tbk dalam memberdayakan masyarakat sekitar tambang di Babel

 

RAMADAN menjadi momentum untuk berbagi dan memperkuat ikatan sosial. Untuk itu, PT Timah Tbk menggelar berbagai kegiatan sosial untuk membantu masyarakat di lingkar tambang.

Melalui program PT Timah Tbk Berbagi, PT Timah Tbk melaksanakan kegiatan sosial seperti menyalurkan sebanyak 15.560 paket sembako, menyantuni 900 anak yatim dan piatu dan menyerahkan bantuan kepada 51 masjid di wilayah operasional perusahaan.

Kegiatan sosial di Bulan Ramadan merupakan program CSR perusahaan yang rutin dilaksanakan PT Timah Tbk untuk membantu masyarakat di wilayah operasional perusahaan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau, dan Provinsi Kepualauan Riau.

PT Timah Tbk Berbagi merupakan upaya perusahaan untuk membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Ribuan paket sembako ini disalurkan secara bertahap yang dimulai pada 11 April 2022 hingga jelang Lebaran Idulfitri 1443 Hijriyah.

Untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, bantuan paket sembako PT Timah Tbk dibeli dari warung-warung masyarakat di wilayah operasional. Sehingga selain membantu, PT Timah Tbk juga memberikan daya ungkit bagi pelaku usaha kecil.

Dalam mendistribusikan paket sembako, PT Timah Tbk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten dan Desa setempat sehingga penerima bantuan betul-betul tepat sasaran. Paket sembako ini menyasar masyarakat kurang beruntung secara ekonomi, lansia, kaum dhuafa, penyandang disabilitas, serta yatim dan piatu.

Bantuan bagi Masjid dan Musala merupakan upaya PT Timah Tbk untuk mendukung kegiatan Masjid selama Bulan Ramadan. Namun, ada juga Masjid yang memanfaatkan bantuan dari PT Timah Tbk ini untuk meningkatkan sarana dan prasarana ibadah.

PT Timah Tbk juga menyantuni 900 anak yatim di wilayah operasional perusahaan, selain memberikan santunan untuk anak yatim, PT Timah Tbk juga memberikan bingkisan berupa perlengkapan salat dan perlengkapan sekolah.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar mengatakan program berbagi PT Timah Tbk merupakan program rutin yang dilaksanakan perusahaan setiap tahunnya. Hanya saja, bentuk kegiatannya yang berbeda sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

“Di Bulan Ramadan tahun ini, PT Timah Tbk melaksanakan tiga kegiatan sosial yakni penyerahan paket sembako, santunan anak yatim dan piatu, dan juga bantuan ke Masjid. Kita berharap dengan bantuan ini masyarakat dapat terbantu dan ikut berbahagia dalam menyambut Hari Kemenangan,” kata Abdullah, Sabtu (30/4)

Ia menyebutkan, PT Timah Tbk secara konsisten membantu masyarakt di wilayah operasional melalui berbagai program, tidak hanya di momentum Bulan Ramadan saja.

“PT Timah Tbk adalah bagian dari masyarakat, untuk itu perusahaan berkomitmen untuk berbagi dan membantu masyarakat yang membutuhkan, tentunya kita juga bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak,” ujarnya.

Salah satu penerima bantuan PT Timah Tbk, Ana (80) warga dusun Kemang Masam Desa Air Putih, Kabupaten Bangka Barat mengaku sangat senang  menerima paket sembako dari PT Timah Tbk.

“Senanglah dapat bantuan dari PT Timah, sekarang bekerja tidak kuat lagi sudah tua ini, makan sehari hari diberi anak. Bantuan ini dapat untuk lebaran dan bisa untuk buat ketupat,” ucapnya.

Senada, Rizki (6) warga Kampung Baru, Kelurahan Sawang, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun menyebutkan dirinya bisa memiliki perlengkapan salat baru setelah mendapatkan santunan dari PT Timah TBk.

"Terimakasih PT Timah atas bingkisan yang diberikan kepada saya, Alhamdulillah Salat IdulFitri nanti bisa pakai kain dan peci baru, saya juga menerima santuan," katanya dengan polos.

Sementara itu, Camat Sungailiat Kabupaten Bangka, Ramzi mengapresiasi langkah konkrit PT Timah Tbk yang membantu masyarakat di saat Bulan Ramadan. Apalagi sembako merupakan kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Timah Tbk yang kembali membantu masyarakat kami di Bulan Ramadan ini. Sebagaimana kita ketahui, biasanya di Bulan Ramadan kebutuhan pangan warga ini meningkat. Apalagi sekarang harga bahan pokok meningkat, sehingga bantuan paket sembako ini memang sangat dibutuhkan warga,” kata Ramzi.

Ia menyebutkan, sembako ini akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan yang disalurkan ke masing-masing kelurahan yang nantinya disalurkan ke warga.(OL-13)

Baca Juga: Seribu Buruh Di Babel Dapat Paket Sembako Dari Kapolri

Baca Juga

MI/Humas Pemkot Ternate

Berbeda dengan Kementrian Agama, Pemkot Ternate Tetapkan Salat Iduladha pada 9 Juli

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 05 Juli 2022, 10:31 WIB
"Kami memutuskan pelaksanaan Salat Iduladha jatuh pada Sabtu (9/7) karena umat muslim di Kota Ternate meyakini 10 Zulhijjah jatuh pada...
MI/John Lewar

Sandiaga Sebut Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,7 Juta Masih Dibahas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:56 WIB
Selain mengutamakan nilai-nilai konservasi dan keberlanjutan lingkungan, wacana itu juga mempertimbangkan beban sementara atau carrying...
MI/Lilik Darmaswan

Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Aceh Barat tidak Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:00 WIB
Dampak tingginya gelombang laut juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya