Rabu 20 April 2022, 23:17 WIB

Petrokimia Gresik Tukarkan 8.600 Paket Sembako dengan Sampah Plastik 

Andhika Prasetyo | Nusantara
Petrokimia Gresik Tukarkan 8.600 Paket Sembako dengan Sampah Plastik 

Dok. Petrokimia Gresik
Petrokimia Gresik memberikan donasi sembako dengan ditukarkan sampah plastik

 

PT Petrokimia Gresik membagikan 8.600 paket sembako senilai Rp700 juta untuk masyarakat di delapan desa di sekitar perusahaan, Gresik, Jawa Timur, Rabu (20/4). Bingkisan tersebut diberikan dalam rangka membantu masyarakat yang sesaat lagi akan merayakan lebaran. 

Namun, perseroan tidak membagikan paket sembako secara cuma-cuma. Masyarakat penerima bantuan wajib mengumpulkan sampah plastik di lingkungan untuk kemuduan ditukar dengan sembako tersebut. 

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis di Balai Desa Roomo, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan, program itu sekaligus menjadi wujud peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya. 

“Dalam hal ini, kami tidak hanya memberikan bantuan sembako secara cuma-cuma, tetapi juga mengajak masyarakat untuk bijak dalam mengelola sampah plastik, sehingga masyarakat bisa menikmati manfaat ganda,” ujar Dwi Satriyo melalui keterangan resmi, Rabu (20/4). 

Melalui program tersebut, para penerima bantuan harus menukar lima sampah botol plastik untuk setiap paket sembako. Sampah plastik yang terkumpul kemudian akan dikelola oleh Bank Sampah binaan Petrokimia Gresik. 

Lebih lanjut, Dwi Satriyo mengungkapkan capaian Propernas Emas yang diraih Petrokimia Gresik akhir tahun lalu menjadi motivasi tersendiri bagi perusahaan untuk terus meningkatkan standarisasi program di bidang lingkungan. 

Baca juga : Rico Sia Gelar Bimbingan Teknis Dorong IKM Papua Barat

"Program Penukaran Sampah Plastik dengan Sembako Gratis ini menjadi salah satu implementasinya. 

Ini merupakan aksi kecil, namun kami berharap program ini dapat menginspirasi masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan 3R yakni Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi), dan Rescycle (mendaur ulang) sampah yang masih dapat didayagunakan,” tandas Dwi Satriyo. 

Sementara itu, setiap paket sembako yang dibagikan terdiri dari 3 kg beras, 1 liter minyak goreng dan 5 bungkus mi instan. 

Di tempat yang sama, Kepala Desa Roomo, Rusdiyanto, mengapresiasi kepedulian Petrokimia Gresik terhadap masyarakat dan lingkungan yang ada di Desa Roomo. 

Menurutnya, Program Penukaran Sampah Plastik dengan Sembako Gratis ini sejalan dengan program pengelolaan sampah yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik. 

“Semoga bantuan ini dapat menginspirasi masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Karena pengelolaan sampah yang tepat itu harus dimulai dari lingkup keluarga,” tuturnya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Bali Dirikan Posyandu ABG Jaga Kesehatan Generasi Muda

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:25 WIB
PEMPROV Bali melakukan terobosan di bidang kesehatan dengan program Posyandu anak baru gede (ABG) alias Remaja. Selama ini Posyandu...
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Pendataan Kendaraan Penerima BBM Bersubsidi Dimulai di Yogyakarta, 1 Juli

👤Haryanto, Ardi T Hardi 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:15 WIB
Pendataan tersebut mulai dijalankan per 1 Juli 2022 di 11 kota/kabupaten terpilih, salah satunya di Kota...
MI/Dwi Apriani

Terima 12.200 Dosis, Sumsel Mulai Gencarkan Vaksinasi PMK

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 28 Juni 2022, 15:09 WIB
PEMPROV Sumatra Selatan telah menerima distribusi sebanyak 12.200 dosis vaksin untuk mencegah wabah penyakit mulut dan kuku pada sapi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya