Senin 18 April 2022, 13:38 WIB

MotoGP Mandalika sumbang Rp12 miliar untuk PAD Lombok Tengah

Mediaindonesia | Nusantara
MotoGP Mandalika sumbang Rp12 miliar untuk PAD Lombok Tengah

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sejumlah penonton berjalan melalui terowongan menuju tribun pada hari kedua MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Circuit

 

PEMERINTAH Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, pajak hiburan yang menjadi pendapatan asli daerah dari ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 itu mencapai Rp 12 miliar lebih.

"Itu semua pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak hiburan pada MotoGP Mandalika," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lombok Tengah Jalaludin di Praya, hari ini.

Berdasarkan laporan yang telah disampaikan penyelenggara, pajak dari penjualan tiket MotoGP yang diberikan Rp11 Miliar lebih dari target Rp15 miliar, sedangkan untuk pajak dari makanan atau restoran itu Rp540 juta, pajak reklame Rp174 juta dan pajak dari parkir Rp23 Juta lebih.

“Total pajak dari MotoGP Indonesia itu, baik pajak tiket, makanan, reklame dan parkir yang kami terima Rp12, 445 miliar. Itu yang diberikan dari penyelenggara," katanya.

Ia mengatakan realisasi dari pajak ajang MotoGP Mandalika tersebut memang tidak sesuai dengan target, yakni Rp15 miliar, hal itu dikarenakan adanya pengurangan besaran pajak hiburan dari 30 persen menjadi 15 persen. Selain itu, jumlah penonton yang direncanakan hadir itu berkurang dari 100 ribu penonton menjadi 60 ribu penonton.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Pendaftaran Mudik Gratis DKI Jakarta 2022

"Ke depan kami akan evaluasi lagi, supaya sumber PAD kita bisa lebih maksimal pada ajang MotoGP tersebut," katanya.

Sementara itu, untuk triwulan pertama 2022 realisasi PAD yang dikelola Bapenda dari target Rp190 Miliar baru mencapai Rp40 miliar lebih atau 20 persen, sedangkan untuk realisasi pajak hotel Rp2,900 miliar dari target Rp20 miliar atau 13 persen dan realisasi pajak restoran Rp2,489 miliar atau 15 persen dari target Rp16 miliar.

"Total target PAD Lombok Tengah itu Rp315 miliar untuk 2022," katanya.

PAD Kabupaten Lombok Tengah dari pajak hiburan penjualan tiket WSBK 2021 sebesar Rp2,6 miliar dari target yang direncanakan Rp10 miliar.(Ant/OL-4)

Baca Juga

DOK.MI

Belasan Anak Korban Pelecehan di Jambi Jalani Pemeriksaan Psikologis

👤Indrastuti 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:23 WIB
Terkait pelaku yang adalah perempuan, Nahar mengatakan orangtua mesti waspada dengan segala bentuk kekerasan, termasuk kekerasan...
MI/Rahmat Rullah

Prihatin, Volume Sampah di Teluk Kendari Tembus 2 Ton Perhari

👤Rahmat Rullah 🕔Senin 06 Februari 2023, 18:15 WIB
MASYARAKAT Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) belum memiliki kesadaran yang tinggi soal sampah. Pasalnya, volume sampah di...
DOK.MI

Diduga Idap Pedofilia, Ibu Muda di Jambi Lecehkan Belasan Anak

👤Solmi Ruhan 🕔Senin 06 Februari 2023, 17:39 WIB
Penyimpangan yang dimaksudkan yakni berkaitan dengan perilaku dan hasrat seksual NT yang dinilai tidak lazim. Kelainan tersebut juga diakui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya