Senin 18 April 2022, 12:35 WIB

Yana Mulyana Defenitif Jabat Wali Kota Bandung hingga 2023

Naviandri | Nusantara
Yana Mulyana Defenitif Jabat Wali Kota Bandung hingga 2023

dok.humas pemkot bandung
Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan istri

 

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melantik Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung untuk sisa masa jabatan periode 2018-2023. Pelantikan berlangsung di Gedung Sate, Senin (18/4).

Yana Mulyana sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung. Dia sempat memegang jabatan sebagai Plt Wali Kota Bandung setelah Wali Kota Bandung, Oded M Danial, wafat di Masjid Mujahidin Kota Bandung, Jumat 10 Desember 2021 lalu. Hadir pada pelantikan tersebut istri almarhum Oded, Siti Muntamah, dia juga merupakan anggota DPRD Jabar.

"Saya Gubernur Jawa Barat dengan resmi melantik H Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung sisa masa Jabatan 2018-2023," kata Ridwan Kamil dalam kata-kata pelantikannya.

Gubernur mendoakan, Yana bisa maksimal membangun Kota Bandung dengan mengonsolidasikan dengan berbagai pihak. "Saya menitipkan tiga hal kepada Wali Kota, yakni untuk menjunjung tinggi integritas, melayani masyarajat langsung serta meningkatkan profesionalisme dan melanjutkan
visi misi pasangan Oded-Yana," pesan kang Emil saapaan gubernur.

Surat rekomendasi pelantikan Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung definitif di sisa masa jabatan 2018-2023 telah ditandatangani oleh Kemendagri. Surat itu bernomor 131.32/2611/OTDA yang ditujukan kepada  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan terbit pada hari Senin 11 April
2022.

Dalam surat tertulis arahan Mendagri kepada Gubernur Jabar terkait pelantikan Yana Mulyana, yakni pertama, melaksanakan pelantikan terhadap H. Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung Sisa Masa Jabatan Tahun 2018-2023 sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Dua,  menyampaikan laporan dan berita acara pelantikan kepada Menteri Dalam Negeri c.q Direktur Jenderal Otonomi Daerah.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan berharap, Yana dapat menuntaskan dan melanjutkan tren positif yang ditorehkan Wali Kota Bandung sebelumnya, almarhum Oded M. Danial. "Saya mewakili jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kota Bandung mengucapkan selamat atas pelantikan Pak Yana sebagai Wali Kota Bandung. Tentu kami mendoakan semoga Pak Yana diberi kelancaran dalam menjalankan tugas, serta sukses dan mendapat ridho dari Allah," ujarnya.

Pelantikan Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung terasa istimewa, karena juga bertepatan dengan Perayaan HUT Ke 67 Konpresni Asia Afrika (KAA) dan ini menjadi dua hadiah besar bagi Kota Bandung. Untuk diketahui, acara pengibaran bendera negara-negara Asia Afrika dilaksanakan pada Senin 18 April 2022.

Dua momen penting yang terjadi  dalam waktu bersamaan ini seolah menjadi simbol optimisme bagi Kota  Bandung. Apalagi, saat ini Kota Bandung sedang berbenah memulihkan ekonomi yang sempat porak poranda akibat pandemi Covid-19.

"Kami ingin menyampaikan selamat kepada Bapak Yana Mulyana yang dilantik menjadi Wali Kota Bandung. Istimewanya lagi, pelantikan ini berbarengan dengan perayaan Konferensi Asia Afrika ke-67," kata Kepala Museum KAA Bandung, Dahlia Kusuma Dewi.

Dahlia berharap, Kota Bandung di bawah kepemimpinan Yana dapat terus menghidupkan nilai-nilai positif dalam peristiwa KAA pada 1955 silam. Selain itu, Dahlia juga menyebut nilai-nilai KAA akan selalu hidup di tengah masyarakat benua Asia dan Afrika, khususnya bagi masyarakat Kota Bandung.

"Kita sebagai warga Indonesia, khususnya yang tinggal di Kota Bandung harus siap menjadi agen perdamaian dunia, sebagaimana yang pernah diinisiasi oleh pemimpin dunia di masa lalu. Mari kita sama-sama berdoa semoga dua momentum positif ini dapat menjadi energi besar dalam
mewujudkan Kota Bandung sebagai kota yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis," jelasnya. (OL-13)

Baca Juga: KPK Hormati Laporan HAM AS Soal TWK dan Lili Pintauli

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Angkutan BBM Ilegal Terbakar di Muba

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:45 WIB
Ketiganya ditangkap Satreskrim Polres Muba secara terpisah di rumah...
Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya