Jumat 15 April 2022, 22:47 WIB

Banjir Terjang Kampung Cikondang Purwakarta

Reza Sunarya | Nusantara
Banjir Terjang Kampung Cikondang Purwakarta

MI/Reza Sunarya
Banjir terjang Kampung Cikondang, Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Jumat malam (15/4)

 

SEDIKITNYA dua hektare sawah, empat bangunan bangunan pertokoan, puluhan rumah warga dan akses jalan terputus akibat terendam air lebih dari satu meter di Kampung Cikondang, Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jumat malam (15/4). Kondisi ini akibat buruknya dranase dan  saluran air yang ada di sekitar lokasi banyak sampah.

Dari pantauan di lapangan,  warga yang akan melintas harus terjebak. Akses jalan yang menghibungkan antar dua kecamatan  yaitu kecamatan Darangdan menuju Kecamatan Prere ini terendam lebih dari satu meter. Warga harus menunggu air surut . Beberapa pengendara ada yang memilih nekat melinatas, kendaraan mereka mati dan harus dibantu oleh warga setempat.

"Kejadian ini sudah terjadi setiap musim hujan tiba. Kami berharap ada solusi. Banjir diakibatkan saluran air yang tidak memadai, terlalu kecil. Sehingga air meluap," kata Daseng (49) salah seorang warga dilokasi kejadian.

Selain akses jalan yang terendam, sedikitnya dua hektar sawah yang sebagian baru ditanami padi terndam air. Akibatnya para petani harus merugi dengan kejadian ini. Selain itu empat bangunan toko dan rumah warga yang ada di sekitar lokasi juga ikut terendam.

"Kerugian akibat kejadian ini ditaksir bisa ratusan juta," ungkap Daseng.

Warga berharap pemerintah daerah segera turun tangan memperbaiki saluran air di sekitar lokasi. "Kalau sakuran air diperbaiki, diperlebar kami yakin masalah banjir di daerah kami ini bisa teratasi," pungkas Daseng.

Sementara, Kepala Desa  Mekarsari Ruhiat mengaku akan melaporkan kejadian ini ke Pemda Purwakarta, pihaknya berharap ada perbaikan saluran air, setidaknya memperlebar saluran dan gorong-gorong.(OL-13)

Baca Juga: Galakkan Pemberdayaan Perempuan, Ganjar Didukung Srikandi Jabar

Baca Juga

Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...
DOK MI.

Banjir di Desa Podenura Nagekeo Rusak Jalan Nangaroro-Maunori

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:20 WIB
Banyak pengguna jalan dari arah Kecamatan Keo Tengah terjebak di Desa Podenura karena banjir. Akibat banjir yang sudah meluap, satu kios...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya