Senin 11 April 2022, 14:38 WIB

Program Aspirasi Subardi Terangi 40 Titik Jalan di Gunungkidul

Mediaindonesia.com | Nusantara
Program Aspirasi Subardi Terangi 40 Titik Jalan di Gunungkidul

DOK Pribadi.
Lampu PJU sangat dinanti warga karena sebelumnya di lingkungan mereka banyak terdapat titik jalan yang masih gelap.

 

SEBANYAK 40 lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) terpasang di jalanan utama di Kalurahan Tegalrejo dan Watugajah, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. PJUTS merupakan bantuan dari PT Telkom atas aspirasi masyarakat melalui anggota DPR Subardi. Program aspirasi tersebut dikawal langsung oleh Subardi hingga terlaksana. 

"Kami bersyukur di awal tahun ini sudah terpasang 40 titik PJUTS. Mudah-mudahan ratusan titik lain segera rampung sampai akhir tahun ini. Akan saya kawal semua karena ini aspirasi masyarakat," jelas Mbah Bardi, sapaan akrabnya, Senin (11/4). 

Lampu PJU sangat dinanti warga karena sebelumnya di lingkungan mereka banyak terdapat titik jalan yang masih gelap. Kini, dengan 40 PJU yang telah terpasang, aktivitas warga di malam hari lebih mudah dan aman. 

Menurut Subardi, deretan lampu bertenaga surya itu memiliki teknologi modern dan menghasilkan cahaya yang terang. Teknologi ini dinilai lebih ramah lingkungan dan tidak merepotkan. Baterainya akan terisi otomatis dengan sinar matahari. 

"Dengan teknologi surya, warga tak perlu khawatir kalau terjadi mati listrik. PJU ini akan tetap menyala karena batrai secara otomatis terisi oleh sinar matahari," tambah legislator dari Dapil DIY itu. 

Pemasangan dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu (8-9/4). Warga turut menyaksikan para teknisi memasang, mulai dari perakitan panel surya hingga memastikan lampu meyala. Hadir perwakilan tim dari Subardi Center dan Porwadhi selaku Anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi NasDem yang memantau pemasangan ini.

Baca juga: KPPU Ungkap Penyebab Minyak Goreng di Sumut masih Mahal 

Salah satu warga, Wiwin, menyampaikan terima kasih kepada Subardi karena aspirasinya direalisasikan. "Warga di sini sudah kenal semua dengan Mbah Bardi. Kami mengajukan permohonan lampu. Sekarang lampunya terpasang, Dulu di sini gelap. Kalau mau keluar pakai senter hape," kata Wiwin yang menyaksikan pemasangan lampu di Padukuhan Prengguk, Tegalrejo, Gunungkidul. (RO/OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri

Gubernur DIY Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:10 WIB
Tanda jasa itu diserahkan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan, disaksikan GKR Hemas bersama...
Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya