Rabu 06 April 2022, 16:20 WIB

Petani Kabupaten Rejang Lebong Mulai Ekspor Kolang-kaling ke Filipina

Marliansyah | Nusantara
Petani Kabupaten Rejang Lebong Mulai Ekspor Kolang-kaling ke Filipina

Antara/Syifa Yulinnas.
Ilustrasi.

 

PETANI di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, mengekspor sebanyak 20 ton kolang-kaling yang dihasilkan petani aren 
setempat dengan tujuan Filipina. Sejatinya ekspor itu baru berjalan sejak Maret 2022. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong, Zulkarnain, di Bengkulu, mengatakan hal itu. "Permintaan kolang-kaling selain Filipina juga banyak permintaan dari negara-negara di Timur Tengah, sehingga harus dikembangkan untuk memenuhi permintaan itu," katanya.

Potensi tanaman aren atau kolang-kaling di Kabupaten Rejang Lebong, lanjut dia, cukup menjanjikan. Ini harus dikembangkan guna meningkatkan produksi dengan perluasan areal tanam, pembagian bibit gratis, dan pengadaan industri turunan lain.

Tanaman aren sudah menjadi komoditas strategis selain menghasilkan buah yang dinamakan kolang-kaling juga gula aren. Batang pohonnya bisa dimanfaatkan untuk kerajinan termasuk lidi dan serat ijuk maupun akarnya sebagai bahan kerajinan bernilai tinggi.

Saat ini, luasan areal tanaman aren milik masyarakat mencapai 2.279 hektare. Dari luas tersebut, yang sudah menghasilkan baru 1.868 hektare. Sekitar 289 hektare belum menghasilkan dan 123 hektare tidak menghasilkan lagi karena telah rusak.

Sentral tanaman aren di Kabupaten Rejang Lebong terdapat di empat kecamatan yaitu Selupu Rejang, Curup Tengah, Sindang Kelingi, dan Binduriang. "Tanaman aren merupakan komoditas unggulan Kabupaten Rejang Lebong setelah kopi dan aneka sayuran," imbuhnya.

Baca juga: Antrean Panjang Pembeli Minyak Goreng masih Terjadi di Cirebon

Komoditas ini, kata dia, punya prospek yang cukup besar untuk dikembangkan karena tidak memerlukan persyaratan tumbuh yang ketat dan dapat ditanam pada lahan marginal. Selain itu, permintaan terhadap tanaman aren berupa gula aren setiap tahun terus meningkat. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Puluhan Pengikut Khilafatul Muslimin Deklarasi Setia NKRI

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:25 WIB
WARGA Surabaya, Jawa Timur  yang pernah bergabung dengan Khilafatul Muslimin Surabaya Raya menggelar deklarasi Kebangsaan dan...
ANTARA

Stok Hewan Kurban di Sumsel Mencukupi

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:08 WIB
PEMPROV Sumatera Selatan memastikan stok hewan kurban baik sapi maupun kambing untuk Idul Adha mencukupi. Wabah penyakit mulut dan kuku...
dok.ist

Rapimnas APTI Dukung Pemimpin Pro Petani Tembakau Jadi Presiden

👤Haryanto 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:07 WIB
APTI menggelar rapat pimpinan Nasional di Semarang 27-28 Juni 2022. Satu diantara hasil Rapimnas, APTI menyatakan mendukung pemimpin pro...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya