Selasa 29 Maret 2022, 19:15 WIB

Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Di Bandung Barat Masih Rendah

Depi Gunawan | Nusantara
Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Di Bandung Barat Masih Rendah

DOK MI
Ilustrasi

 

CAKUPAN vaksinasi booster di wilayah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat hingga kini masih rendah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bandung Barat, saat ini angka capaian booster baru mencapai 8 persen. Vaksinasi dosis ketiga atau booster sendiri menjadi syarat bagi warga yang ingin mudik Lebaran 2022.

"Cakupan vaksinasi dosis ketiga di wilayah kita masih rendah di 8 persen. Memang kondisi ini bukan hanya di kita tapi di hampir semua daerah, rata-rata masih di bawah 10 persen," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Bandung Barat, Nurul Rasyihan, Selasa (29/3).

Dia menduga, rendahnya angka vaksinasi booster dipengaruhi oleh turunnya kasus Covid-19 sehingga minat masyarakat untuk mendapat vaksin dosis ketiga juga tidak terlalu memuaskan.

Nurul menerangkan, sebetulnya vaksinasi booster harus disegerakan apabila masyarakat sudah mendapat vaksin dosis satu dan dosis kedua. "Mungkin syarat bisa mudik harus mendapat vaksin dosis ketiga adalah strategi pemerintah supaya capaian vaksinasi tersebut mencapai target," bebernya.

Walaupun sudah diumumkan resmi oleh pemerintah pusat, pihaknya belum menerima arahan terkait vaksin booster menjadi syarat bagi masyarakat bisa melakukan mudik saat lebaran nanti.

"Sampai sekarang belum ada, kalau memang nanti ada arahan pasti dari pusat atau kementerian melalui surat atau apapun itu, tentu nanti akan ditindaklanjuti di daerah," ungkap Nurul.

Sementara itu, untuk mengejar target vaksinasi kepada masyarakat, sejumlah puskesmas di wilayah Bandung Barat mengadakan jemput bola dengan menggelar vaksinasi keliling. Seperti yang dilakukan Puskesmas Cibodas Kecamatan Lembang yang mengoptimalkan mobil puskesmas keliling untuk mendatangi warga di sejumlah wilayah yang dikoordinasikan dengan Ketua RT/RW. (OL-15)

 

Baca Juga

Antara

Hewan Ternak Sembuh dari PMK di NTB Capai 28 Ribu Ekor

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:30 WIB
Angka kesembuhan hewan ternak dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat hingga mencapai 28.132...
Dok. Rodalink Indonesia

Dorong Gaya Hidup Sehat, Rodalink Tambah Outlet Baru di Bandung Raya

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:04 WIB
Lokasinya persis di seberang Rumah Sakit Karisma atau sekitar 1 km dari pintu tol Padalarang dan Kota Baru...
ANTARA

Bantul Dikunjungi 48 Ribu Lebih Wisatawan Selama Tiga Hari

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 10:53 WIB
Destinasi wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikunjungi sebanyak 48.585 wisatawan selama libur akhir pekan dari 1...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya