Jumat 25 Maret 2022, 22:15 WIB

Reaktivasi Jalur Kereta Api Garut-Cibatu Tuntas Berkas Masyarakat

Kristiadi | Nusantara
Reaktivasi Jalur Kereta Api Garut-Cibatu Tuntas Berkas Masyarakat

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Stasiun Garut, Jawa Barat

 


SEBANYAK 1.077 bangunan permanen dan semi permenan milik 911 kepala keluarga di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdampak reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut.

Rumah-rumah yang dihancurkan itu telah mendapat apresiasi. Para pemiliknya rela direlokasi untuk mendukung program pemerintah.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Didiek Hartantyo, mengaku sangat berterima kasih terutama kepada masyarakat Kabupaten Garut yang sangat mendukung program reaktivasi jalur Cibatu-Garut. Karena, tanpa dukungan masyarakat reaktivasi tidak akan terlaksana.

"Kami sangat berterima kasih terutama pada masyarakat yang rela direlokasi untuk mendukung program reaktivasi dan akan menjadi sejarah reaktivasi jalur kereta di Indonesia," katanya, saat peresmian jalur di Stasiun Garut, Jumat (25/3).

Didiek mengatakan, PT KAI akan memberikan apresiasi khusus kepada warga terdampak reaktivasi jalur kereta api Cibatu-Garut. Di antaranya, nama-nama warga yang terdampak juga akan diabadikan dalam prasasti, yang diletakkan di setiap stasiun yang ada di jalur itu.

Prasasti itu sebagai simbol peran bagi masyarakat dalam mendukung pembangunan. "Sebagai bentuk apresiasi, kami telah mengabadikan seluruh warga terdampak pembangunan dalam prasasti yang terletak pada setiap stasiun KA yang dilewati, sebagai simbol bahwasanya pelaksanaan reaktivasi jalur ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa peran serta masyarakat Garut yang sudah rela mengikuti relokasi," kata Didiek.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi, Pemerintah Kabupaten Garut dan masyarakat yang sangat mendukung dalam pelaksanaan reaktivasi jalur KA. Karena, peran pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Garut mestinya dijadikan contoh oleh daerah lainnya.

"Pemerintah daerah lainnya harus mendukung seperti di Garut. Pasalnya, kadang saat pusat mau hadir, di daerah sulit masuk investasi. Kepala daerah bersama masyarakat sudah seharusnya mendorong pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah pusat agar dapat berjalan baik. Kami, berharap, dengan adanya pembangunan yang dilakukan pusat, kinerja UMKM di daerah akan makin meningkat dan dapat membuka lapangan kerja baru," katanya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mereaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut, setelah sekitar 40 tahun tidak beroperasi. Reaktivasi jalur Cibatu-Garut dapat terlaksana berkat kerja sama semua pihak, termasuknya warga yang telah puluhan tahun tinggal di rumah semi permanen dan permanen sepanjang jalur.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada warga yang sudah mempermudah proses reaktivasi, dan rumah-rumah yang kini telah dijadikan rel kembali sebelumnya sudah dihuni lebih dari 30 tahun. Mereka mau direlokasi. Saya berikan apresiasi bagi masyarakat yang mempermudah program ini," ujarnya. (N-2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Persiapan Jelang HUT Provinsi Maluku ke-77 Sudah 90 Persen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:55 WIB
Pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-77 akan berlangsung pada pukul 14.00 WIT,...
DOK.MI

BPBD: 696 Rumah Warga Medan Terendam Banjir, 2.247 Jiwa Terdampak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:30 WIB
BPBD juga sempat mengevakuasi 14 korban banjir di dua titik, yakni Jalan Luku, Gang Bersama, Kuala Bekala lima orang terdiri atas dua...
ANTARA

Ribuan Warga Bentangkan Bendera Merah Putih di Pantai Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:00 WIB
Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan nasionalisme dan menanamkan semangat patriotisme di dada rakyat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya