Senin 21 Maret 2022, 20:42 WIB

Angka Pengangguran di Ambon Naik 11 Persen Akibat Pandemi

Ant | Nusantara
Angka Pengangguran di Ambon Naik 11 Persen Akibat Pandemi

MI/ Seno
Ilusrasi

 

ANGKA pengangguran di Kota Ambon mengalami peningkatan saat pandemi covid-19 sebesar 11 persen.

"Data per 31 Desember 2021 angka pengangguran meningkat 11 persen atau sekitar 25.760 orang," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja kota Ambon, Steiven Patty, Senin (21/3)

Menurut dia, angka pengangguran beragam latar belakang pendidikan yakni tingkat SMA dan Strata satu.

"Mayoritas pengangguran SMA dan S1 dan usia 25 hingga 40 tahun. Kebanyakan para pekerja PHK akibat pandemi COVID-19 ," katanya.

Ia mengatakan, tingkat pengangguran yang tinggi tidak sebanding dengan lowongan kerja yang tersedia dan menjadi permasalahan yang cukup kompleks.

"Hal ini bukan persoalan mudah, karena kota Ambon merupakan ibu kota provinsi sehingga banyak orang yang datang mencari pekerjaan di kota Ambon," katanya.

Ia menjelaskan, berbagai upaya dilakukan pihaknya yakni, membangun komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak guna membantu penyiapan lapangan pekerjaan.

"Kondisi ini membuat kita harus bekerja keras yakni membangun komunikasi, dan koordinasi dengan berbagai pihak agar bisa membantu menyiapkan lapangan pekerjaan, karena lapangan pekerjaan ada maka otomatis akan berdampak pada angka pengangguran, " katanya.

Ia menambahkan, diperlukan kerja keras untuk lebih menurunkan angka pengangguran di Ambon sambil berharap pandemi COVID-19 berakhir.

"Semoga pandemi berakhir supaya lebih ada pergerakan perekonomian, dan terbuka kesempatan bagi para pencari kerja," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Feny Selly

Gubernur Sumsel Cemaskan Nasib Piala Dunia U-20

👤Dwi Apriani 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:31 WIB
Indonesia sudah lama ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan diselengarakan di enam kota di Indonesia pada Juni 2023...
dok.Humas Pemprov Jateng

Jokowi Bertemu Ganjar di Tengah Deklarasi Anies Capres Nasdem

👤Haryanto 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:24 WIB
PRESIDEN Jokowi menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di tengah momentum deklarasi Partai NasDem yang mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies...
dok.ist

LMHKN ke KPK Pertanyakan Laporan Dugaan Korupsi Bupati Biak Numfor Rp2,2 T

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:19 WIB
LEMBAGA Monitoring Hukum dan Keuangan Negara (LMHKN) Kabupaten Biak Numfor, mendatangi gedung KPK, Senin (3/10), menanyakan laporannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya