Sabtu 12 Maret 2022, 19:49 WIB

Desa Tajongkek Pariaman Kembangkan Budi Daya Ikan Air Tawar

Yose Hendra | Nusantara
Desa Tajongkek Pariaman Kembangkan Budi Daya Ikan Air Tawar

MI/Briyanbodo H
Ilustrasi tambak ikan air tawar

 

DESA Batang Tajongkek, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, mengembangkan budi daya ikan air tawar yang merupakan hasil pembinaan dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman. Hal tersebut dibuktikan dengan digerakannya program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) penambahan kolam ikan Desa Batang Tajongkek guna menunjang sektor Ketahanan Pangan dan Hewan.

Kepala Desa Batang Tajongkek Riko Herianto menerangkan kegiatan PKTD ini dianggarkan dari Dana Desa dan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat Desa Batang Tajongkek.

"Kita melalui Pemerintah Desa Batang Tajongkek sedang mendorong sektor budi daya perikanan air tawar guna meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat dan mengurangi angka pengangguran di desa," ujar Riko, Sabtu (12/3).

Baca juga:  Gubernur Kalteng Dukung Pengembangan Kawasan Budi Daya Udang Vaname

Adapun sektor budi  daya ikan air tawar yang dikembangkan adalah budi daya ikan nila, hal ini berdasarkan tingkat perawatan dan pengembangan yang cukup mudah dan permintaan pasar yang lumayan tinggi sehingga peluang penjualan pun masih tinggi.

"Maka dari itu, kita berharap kepada masyarakat bagi yang mempunyai kolam agar dapat lebih mengoptimalkan dan mengembangkan untuk budi daya ikan air tawar ini. Selain itu pengembangan sektor budi daya ikan air tawar ini adalah rangkaian pengembangan Integrated Farming System Desa Batang Tajongkek," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Ganjar Bangun Masjid Agung Jateng di Magelang Sebagai Simbol Kerukunan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:00 WIB
Masjid Agung yang dibangun di atas lahan seluas 5 hektare itu, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggandeng Pemerintah Kabupaten Magelang...
MI/HO

IOH Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor Manado

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 07:45 WIB
Kegiatan itu merupakan wujud kepedulian IOH yang termasuk dalam program CSR di pilar Filantropi yang berupa pendistribusian bantuan peduli...
MI/HO

Srikandi Ganjar Kalbar Helat Seminar Public Speaking

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 06:54 WIB
KOMUNITAS Srikandi Ganjar Kalimantan Barat mengajak para perempuan milenial dan mahasiswi Kota Pontianak untuk mengasah keterampilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya