Minggu 27 Februari 2022, 13:27 WIB

Aliran Listrik Pasaman Barat Kembali Normal Pascagempa

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Aliran Listrik Pasaman Barat Kembali Normal Pascagempa

Antara
Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di wilayah Pasaman, Sumatra Barat.

 

PT PLN (Persero) menangani kerusakan infrastruktur listrik akibat gempa yang melanda Pasaman Barat, Sumatra Barat, dengan kekuatan 6,2 skala richter (SR) pada Jumat (25/2) lalu.

Pasokan listrik ke seluruh warga setempat telah kembali normal pada Sabtu (26/2) kemarin. General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumbar Toni Wahyu Wibowo mengatakan gempa yang melanda Kabupaten Pasaman Barat mengakibatkan kerusakan pada bangunan dan terputusnya aliran listrik ke masyarakat.

Baca juga: Dua Korban Ditemukan, Total 10 Orang Meninggal Gempa Sumbar

Puluhan petugas diterjunkan dan dikerahkan dilokasi kejadian. Tujuannya, mempercepat proses pemulihan usai bencana yang terjadi pada Jumat kemarin.

"Dengan mengutamakan keselamatan warga, PLN gerak cepat dalam memastikan pasokan listrik masuk ke rumah warga," ujar Toni dalam keterangannya, Minggu (27/2).

Sebanyak 1.033 gardu distribusi telah sepenuhnya beroperasi sehari setelah bencana. Alhasil, pasokan listrik ke 127.513 pelanggan kembali normal. Masyarakat Pasaman Barat pun sudah bisa beraktivitas, khususnya saat malam hari.

Baca juga: BMKG Sebut Ada 62 Aktivitas Gempa Bumi Susulan di Pasaman Barat

Masyarakat juga dapat memanfaatkan semaksimal mungkin untuk penerangan dan proses pemulihan. Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar Arif Pramudya menyebut total Jaringan Tegangan Menengah (JTM) terdampak pascagempa sepanjang 1.116,5 Kms.

Beberapa titik lokasi membutuhkan waktu penormalan lebih lama, karena medan transportasinya yang cukup sulit. "Seluruh gardu distribusi kini sudah bisa dinyalakan. Sehingga, sistem kelistrikan di Pasaman Barat capai 100 persen," papar Arif.(OL-11)

 

 

Baca Juga

DOK.MI

Paman Bunuh Keponakan di Ruang Kelas Ditangkap

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 16:23 WIB
Pelaku ditangkap di kawasan Medan Krio, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Jumat (12/8)...
Dok.MI

Perempuan Tuna Rungu Jadi Korban Pemerkosaan oleh 2 Pemuda di Aceh

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 15:02 WIB
DUA pemuda asal Abdya, berinisial MR, 28, dan MA, 25 ditangkap polisi karena diduga melakukan pemerkosaan terhadap seorang gadis tuna...
MI/Arnold tanti

Mesin Monster Sampah Buatan BUMN Dioperasikan di Desa Adat Seminyak

👤Arnoldus 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 13:55 WIB
WAKIL Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa memberikan apresiasi yang tinggi atas pemberian CSR mesin pengolah sampah berbasis sumber yang diberi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya