Jumat 25 Februari 2022, 10:55 WIB

BPBD Kalsel Imbau Warga Antisipasi Cuaca Buruk Sepekan Kedepan

Denny Susanto | Nusantara
BPBD Kalsel Imbau Warga Antisipasi Cuaca Buruk Sepekan Kedepan

MI/Lina Herlina
Angin kencang menumbangkan bilboard dan pohon di Makassar, Sulawesi Selatan akhir pekan lalu.

 

CUACA buruk masih terus melanda  wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Angin kencang menyebabkan 10 rumah warga di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu mengalami rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, Eryanto Rais, dalam laporan kebencanaannya, Jumat (25/2), melaporkan peristiwa angin puting beliung yang melanda permukiman warga di Kelurahan Tungkaran Pangeran, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

"Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan sedikitnya 10 rumah warga rusak, dengan jumlah korban bencana 41 jiwa. Selain itu ada beberapa fasilitas umum lain yang ikut rusak termasuk robohnya tiang listrik," tuturnya. Peristiwa ini terjadi, Kamis (24/2) siang kemarin.

Sementara BPBD Kalsel juga memperingatkan kondisi potensi hujan sedang hingga lebat, berdasarkan perkiraan BMKG yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang  di sejumlah wilayah seperti Banjarmasin, Tanah Laut, Banjar, Kotabaru dan Tanah Bumbu. Di perairan cuaca buruk menyebabkan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengakui kondisi kebencanaan wilayahnya yang sering mengalami bencana banjir setiap musim hujan dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), saat kemarau. "Pemerintah Provinsi sudah melakukan langkah-langkah antisipasi seperti pelatihan kesiapan personil penanggulangan bencana, kerjasama dengan pihak terkait, dan upaya pencegahan lainnya," ujarnya.

Bencana telah menjadi keseharian masyarakat karena Indonesia masuk wilayah ring of fire. Indonesia pun termasuk 35 negara yang paling rawan resiko bencana di dunia. (OL-13)

Baca Juga: 125 Perkara Di Polda Sulut Diselesaikan Keadilan Restoratif

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Polda DIY Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia,com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:10 WIB
Di lokasi kejadian, di Jambusari pada Sabtu (2/7), kata Ade, dua tersangka itu melakukan kekerasan yang mengakibatkan tiga orang...
ANTARA/Basri Marzuki

Pedagang di Kota Palu Tolak Hewan Ternak dari Luar Sulawesi

👤M Taufan S Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:40 WIB
Ketersedian stok di Kota Palu diakui pedagang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan kurban pada Idul Adha...
MI/Adi Kristiadi

Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar hingga Tewas di Ciamis Divonis 4 Bulan

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:35 WIB
MAJELIS hakim Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menjatuhkan vonis dua terdakwa pengendara motor gede (Harley Davidson) yang menabrak dua anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya