Sabtu 05 Februari 2022, 17:15 WIB

Nuryakin berhak Mengikuti Seleksi Terbuka Sekda Kalteng

Wibowo Sangkala | Nusantara
Nuryakin berhak Mengikuti Seleksi Terbuka Sekda Kalteng

MI/Wibowo sangkala
Kapala Biro Hukum Provinsi Kalimantan Tengah, Saring SH

 

KOMISI Apatur Sipil Negara (KASN) mengeluarkan surat jawaban laporan pengaduan atas nama Batuah. Dalam surat KASN tersebut tertuang bahwa Nuryakin memiliki hak untuk mengikuti dan lolos dalam Seleksi Terbuka (Selter) Sekda Kalimatan Tengah.

Tidak hanya itu, dalam surat  yang ditandatangani Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto, juga menyebutkan bahwa Nuryakin tidak sedang atau tidak dalam status sebagai tersangka atau terdakwa atau terpidana. "Dalam surat KASN tersebut sudah jelas, bahwa Nuryakin memiliki hak ikut seleksi terbuka Sekda Kalimantan Tengah. Dalam Nuryakin tidak dalam status tersangka atau terdakwa atau terpidana," ungkap Kapala Biro Hukum Provinsi Kalimantan Tengah, Saring SH, Sabtu (5/2).

Surat KASN tersebut merupakan jawaban dari aduan Batuah ke KASN yang mempertanyakan keikutsertaan Nuryakin dalam Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah. Bahkan, setelah di konfirmasi, Batuah yang merupakan ASN di Dinas Pendidikan Kalimatan Tengah tidak pernah membuat surat laporan ke KSN tersebut. "Surat KASN tersebut dikeluarkan karena adanya laporan yang masuk ke KASN yang mempertanyakan keikutsertaan Nuryakin dalam Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah," ungkap Saring.

Bahkan, dalam waktu dekat, Batuah akan melaporkan orang yang mencatut namanya dalam surat yang dilayangkan ke KASN. " Batuah merasa dirugikan karena namanya dicatut dalam surat pengaduan ke KASN. Dan dalam waktu dekat, Batuah akan melaporkan pencatutan namanya ke Polda Kalimantan Tengah," tambah Saring.

Sementara itu, saat ini Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah masih berlangsung. Dalam Seleksi terbuka tersebut diikuti 7 peserta yang salah satu pesertanya adalah Nuryakin. Nuryakin saat ini masih menjabat sebagai Pj Sekda Kalimantan Tengah. "Ada 7 peserta yang ikut dalam Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah dan salah satunya adalah Nuryakin," jelas Saring.

Dari 7 peserta Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah, kini telah mengerucut menjadi 3 peserta. Nama ketiga calon Sekda Kalimantan Tengah kini telah berada di meja presiden. Dari ketiga nama calon Sekda Kalimantan Tengah, terdapat nama Nuryakin.

Namun, akibat adanya pengaduan ke KSN, proses Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah menjadi molor. Seharusnya, proses Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah selesai pada 31 Januari 2022 lalu. "Proses Seleksi Terbuka menjadi molor karena adanya pengaduan ke KSN itu. Tapi kini, tiga nama hasil Seleksi Terbuka Sekda Kalimantan Tengah sudah dilayangkan ke presiden," tambah Saring. (OL-13) 

Baca Juga

DOK MI.

Polres Musi Banyuasin Ringkus Komplotan Pembunuh Bayaran terkait Narkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:25 WIB
Sembilan pelaku tersebut diduga komplotan pembunuh bayaran atas pesan seseorang untuk menewaskan Reli Sepriadi, 33, warga kelurahan Soak...
DOK MI.

Banjir Genangi 500 Rumah di Desa Fatufia Kabupaten Morowali

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 12:14 WIB
Dari 500 keluarga yang terdampak, sebanyak 350 terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman dan rumah sanak...
dok.ist

Dugaan Pemalsuan Surat PT TGM, Susi Dituntut 5,5 Tahun Bui

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 10:30 WIB
SIDANG lanjutan terdakwa Wang Xie Juan alias Susi dan Mahyudin, kembali digelar di PN Palangkaraya,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya